Tentang Cema

  • Bagikan

Cema (@chendrama) adalah seorang penyanyi solo, pencipta lagu, multi-instrumentalis, serta produser musik dari Surabaya, Indonesia. Ia resmi memulai karier sebagai solois sejak awal tahun 2021, dengan dirilisnya single pertamanya yang berjudul “Wish It Was You” pada 1 Januari 2021. Cema yang sebelumnya berganti-ganti posisi sebagai pemain drum, gitar, dan bass dalam beberapa band yang berbeda ini sebenarnya telah lama menulis lagu-lagunya sendiri. Namun, rencana itu belum pernah ia wujudkan, karena kesibukan sehari-hari yang dijalaninya. Hingga pada pertengahan tahun 2020, ia memberanikan diri untuk mengumpulkan materi lagu yang telah ia tulis, serta menambahkan beberapa lagu baru untuk direkam dan dijadikan sebuah album.

Perkenalan Cema dengan dunia musik berawal dari kegemarannya mendengarkan musik sejak usia 8 tahun. Di usia belasan, ia
telah mampu memainkan berbagai jenis instrumen seperti drum, gitar, bass, hingga keyboard. Semuanya ia pelajari secara
otodidak. Seiring waktu, ia berkenalan dengan banyak jenis musik dari dalam maupun luar negeri, yang sedikit banyak telah memberikan pengaruh dalam musik Cema hingga saat ini, baik dari segi komposisi, aransemen, maupun penulisan lirik. Mulai dari musisi beraliran pop seperti The Beatles, Rex Orange County, Lana Del Rey, The Neighbourhood, Taylor Swift, Westlife, dan Billie Eilish, beraliran rock seperti My Chemical Romance, Arctic Monkeys, dan Radiohead, hingga beraliran metal dan screamo seperti Bring Me The Horizon dan Alesana. Tak hanya itu, dari dalam negeri, ia juga mendapatkan pengaruh dari musik-musik Peterpan, Sheila on 7, Dewa 19, The Sigit, Efek Rumah Kaca, dan juga The Adams.

Kelahiran karya-karya Cema selalu dimulai dari sudut kamarnya, dengan beberapa alat sederhana yang dimilikinya. Ia merajut
beberapa kisah cinta menyedihkan yang pernah ia alami menjadi lagu-lagu bernada sendu dengan nuansa oldish, namun tetap
dengan sentuhan sound yang modern. Dari waktu ke waktu, Cema mengajari dirinya sendiri untuk memproduksi lagu dengan
menggunakan digital tools, menulis aransemen, menyusun komposisi, merekam lagu, hingga mempublikasikannya sendiri.

Cema telah berhasil meluncurkan “Wish It Was You”, disusul dengan “Fine” sebagai single keduanya yang dirilis pada 26 Februari 2021. Tak hanya itu, sebagai pembuka debut albumnya yang telah dirilis pada 31 Desember 2021, Cema juga telah merilis “Tell Me That It’s True” pada 4 Juni 2021, dan “Cancer” pada 26 November 2021. Kedua single yang diambil dari debut albumnya tersebut berhasil masuk ke dalam Spotify Editorial Playlist: Fresh Find Indonesia. Hingga kini, Cema telah didengarkan di total 29 negara dan 1200 pendengar di Spotify.

Cema telah dapat didengarkan di berbagai digital music platform seperti Spotify, iTunes, AppleMusic, Youtube Music, Resso,
TikTok, Deezer, dan lain-lain.

  • Bagikan