Sosialisasi Kampanye ‘Indonesia Bebas Kandang Baterai’ oleh Animal Friends Jogja di Pasar Wiguna

  • Bagikan
Sosialisasi Kampanye 'Indonesia Bebas Kandang Baterai' oleh Animal Friends Jogja di Pasar Wiguna

YOGYAKARTA — Animal Friends Jogja (AFJ), organisasi nirlaba yang peduli terhadap kesejahteraan satwa turut serta sebagai salah satu tenant pada acara mingguan Pasar Wiguna yang berlokasi di Taman Ambarrukmo, Komplek Hotel Royal Ambarrukmo, Jalan Adisucipto, Yogyakarta. Dalam kesempatan ini AFJ melakukan sosialisasi kepada publik mengenai kampanye Indonesia Bebas Kandang Baterai untuk mengungkap kondisi memprihatinkan yang dialami ayam-ayam petelur dalam kerangkeng kandang baterai dan mengajak masyarakat berempati dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan hewan yang diternak.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan dialog langsung dengan para pengunjung, membagikan brosur, komik, stiker, pemutaran video tentang fakta kandang baterai, penandatanganan petisi serta melakukan survei kepada pengunjung secara acak. Dari hasil survei yang dilakukan kepada puluhan pengunjung menunjukkan sebanyak 81% belum mengetahui mengenai apa itu kandang baterai.

Baca Juga :  Unitomo Kolaborasi JMSI Jatim Ajukan Jadi Lembaga Penguji UKW

Edo, 49 tahun, salah seorang pengunjung mengatakan “Wah baru tau juga ternyata telur diperoleh dengan sistem peternakan seperti ini (kandang baterai). Saya pernah lihat peternakan ayam tetapi yang ayam pedaging, (diternakkan) di ruangan besar tidak ada sekatnya seperti di kandang baterai. Ya kasihan juga ya lihat (ayam petelur diternakkan dengan cara) yang seperti di video tadi (di dalam kandang baterai)”.

Kandang baterai adalah sistem peternakan yang dibuat untuk menampung sebanyak mungkin ayam petelur. Ayam-ayam petelur dikerangkeng dalam kandang sempit dari kawat atau bambu sepanjang hidupnya. Saking sempitnya, ayam-ayam tidak mempunyai ruang untuk melakukan kebiasaan atau perilaku alamiah mereka, seperti bersarang, berjalan, bertengger, mengais tanah dan mandi debu. Mereka bahkan sama sekali tidak bisa meregangkan apalagi merentangkan sayap.

Baca Juga :  Muharram, Bupati Berau Meninggal Dunia karena Covid -19

Sebelum kegiatan sosialisasi, AFJ mengadakan acara Sarasehan Peternak bersama lebih dari 20 peternak ayam petelur yang berdomisili di D.I. Yogyakarta di Balai Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul pada 28 Mei 2021 lalu dengan tema Tren Baru Konsumsi Telur Ayam Sejahtera dan Pemanfaatan Peluang Pasar bagi Peternak Lokal. Sarasehan peternak ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAn Eng sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DI Yogyakarta dan Dekan Fakultas Peternakan UGM yang mewakili akademisi sekaligus praktisi peternakan telur tanpa kandang baterai.

Dalam acara sarasehan tersebut Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAn Eng mengatakan bahwa “Kesejahteraan hewan sama pentingnya dengan kesejahteraan manusia. Ayam petelur dalam praktik peternakan sekarang ini tidak memperhatikan aspek kesejahteraan, ayam tidak bisa melakukan naluri ayam secara alamiah. Menurut penelitian dan pengalaman yang telah dilakukan, perlakuan terhadap ayam ini akan mempengaruhi kualitas telur yang dihasilkan”. Sarasehan ini merupakan salah satu langkah Animal Friends Jogja dalam mewujudkan kampanye Indonesia Bebas Kandang Baterai yang sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Baca Juga :  Pengusaha Bontang Tertangkap Edarkan Sabu. AKP Suyono Berjanji Beberkan Hari ini

 

Selain sosialisasi mengenai kampanye Indonesia Bebas Kandang Baterai dan kesejahteraan hewan yang diternakkan, Animal Friends Jogja juga mengadakan bincang-bincang mengenai program Adopsi Satwa Dampingan pada kegiatan di Pasar Wiguna. Berdasarkan data yang dikumpulkan sejak Januari hingga Mei 2021, Animal Friends Jogja telah menangani sebanyak 39 kasus penelantaran/pembuangan, 15 kasus penyelamatan karena alasan medis, 2 kasus kecelakaan/ kekerasan, dan 5 kasus lainnya yang melibatkan satwa domestik di wilayah D.I. Yogyakarta.(*)

  • Bagikan