Soal Mutasi ASN, Basri Tak Buru-Buru

  • Bagikan
Walikota Bontang Basri Rase (Rifki)

BONTANG – Dalam pidatonya Walikota Bontang Basri Rase akan memaksimalkan kinerja pemerintahan yang efektif. Mewujudkan hal itu, kerja sama dengan pejabat yang berkompeten menjadi hal yang utama. Meskipun begitu Basri tak buru-buru untuk melakukan mutasi  Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kota Bontang.

Ia akan berfokus dalam kerja-kerja yang menunjang keberhasilan visi dan misinya.

“Belum ada rencana dalam waktu dekat melakukan mutasi ASN, namun yang jelas kita maksimalkan terlebih dahulu kerja-kerja yang akan mensuport program sesuai dengan visi dan misi kami,” kata Basri Saat usai menghadiri Rapat Paripurna, di sekretariat DPRD Bontang, Selasa, (27/4/2021).

Baca Juga :  Hati-Hati Bersosial Media, Frans Micha dan Adipt Maraja Dilaporkan Polisi oleh Boleh Media official

Selain itu, untuk mutasi juga memiliki aturan yang mengikat. Para pejabat pemerintahan yang akan melakukan pergantian pejabat harus menyesuaikan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada).

Dalam Pasal 162 ayat 3 UU Pilkada dinyatakan, gubernur, bupati, atau walikota yang akan melakukan pergantian pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten atau kota dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis Mendagri.

Baca Juga :  Basri Rase Minta Perusahaan yang Tak Kantongi Izin, Segera Laporkan Diri

Selanjutnya Basri juga membeberkan, untuk  petahana yang berhasil menduduki kembali jabatan walikota maka hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saat ini yang jadi pertanyaan apakah saya termasuk dari bagian petahana atau tidak, untuk memastikan kami akan bersurat kepada kementrian,” sambungnya.

Yang jelas untuk menuntaskan semua program yang akan disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Basri dan Najirah membutuhkan pejabat ASN yang kompeten untuk menjalankan semua rekomendasi program sesuai dengan visi dan misi Bontang.

Baca Juga :  Tanggapi Rusaknya Jalan Bontang Lestari, Walikota Tekankan Perbaikan Kualitas

“Yang jelas kita akan sesuaikan, membantunya Bontang kedepan membutuhkan kerja sama team yang baik, untuk suport itu tentunya kami telah menyiapkan orang -orang yang berkompetensi mendukung pemerintahan selama lima tahun kedepann,” tutupnya. (QY)

  • Bagikan