Sah! RUU TPKS Jadi RUU Usul Inisiatif DPR

  • Bagikan

JAKARTA – Rapat Paripurna DPR RI ke-13 masa persidangan III tahun sidang 2021-2022 telah memutuskan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi RUU usulan inisiatif DPR, Selasa (18/01/2022).

Ketua DPR RI Puan Maharani yang bertindak sebagai pimpinan sidang mengetuk palu yang menandai telah disahkannya RUU ini menjadi RUU usulan inisiatif DPR setelah mendapat persetujuan dari fraksi-fraksi yang ada.

Dalam pembacaan pandangan fraksi, dari total sembilan fraksi yang ada, delapan fraksi menyatakan sepakat mendukung RUU ini menjadi RUU inisiatif DPR.

Meskipun dengan berbagai catatan yang masing-masing fraksi sampaikan sebagai bahan penyempurnaan nantinya.

Sementara itu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sebagai satu-satunya fraksi yang menyatakan sikap menolak untuk ditetapkan sebagai RUU usul inisiatif DPR RI.

PKS berdalih penolakan tersebut bukan karena tidak setuju terhadap perlindungan terhadap korban, RUU ini dianggap tidak memasukkan secara komperhensif seluruh tindak pidana kesusilaan.

Untuk diketahui, pembahasan mengenai RUU ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu, dan baru mendapatkan perhatian lebih dalam waktu setahun terakhir.

Sepanjang pembahasannya pun, RUU ini telah berganti nama, dari yang semula RUU Penghapusan Kekerasan Seksual menjadi RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

  • Bagikan