Romadhony Gelar Sosper, Bahas Penyelenggaraan Bantuan Hukum

  • Bagikan
Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Romadhony Putra Pratama (berdiri) saat menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2019.

SAMARINDA – Giat Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum kembali digelar oleh legislator Karangpaci, Romadhony Putra Pratama di salah satu cafe yabg terletak di bilangan Jl MT Haryono, Sungai Kunjang, Samarinda.

Agenda yang dilaksanakan pada hari Jumat (27/05/2022) tersebut disambut antusias oleh para peserta sosialisasi. Demikian pula dengan Mas Dhony, sapaan politisi PDI Perjuangan Kalimantan Timur ini, yang tidak melewatkan kesempatan ini untuk memberikan edukasi terkait bantuan hukum.

Baginya, Perda ini memiliki pesan yang sangat jelas tentang adanya kesamaan kedudukan antara seluruh rakyat dimata hukum.

“Kesamaan kedudukan di mata hukum itu dijamin melalui konstitusi negara. Kita perjelas lagi melalui perda yang dibuat oleh wakil rakyat di Karangpaci,” ujarnya.

Dhony melanjutkan bahwa keberadaan bantuan hukum bagi warga ini dapat dioptimalkan, terlebih warga mendapatkan secara gratis.

Adapun objek perkara bantuan hukum yang diakomodir dalam Perda ini, yakni Pidana, Perdata dan Tata Usaha Negara.

Dirinya optimis jika sosper terus dilaksanakan, maka akan mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat yang tidak tersentuh pendidikan hukum, sementara mereka juga rentan terhadap persoalan hukum.

“Jadi kita ingin menegaskan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat kalangan bawah untuk mempergunakan apa yang sudah diinisasi oleh teman-teman DPRD,” harapnya.

Turut hadir dalam agenda sosper tersebut, Achmad Sofyan dan Heri Alfian.(*)

  • Bagikan