Reses, Raking Dapat Keluhan Soal Sistem Zonasi Sekolah 

  • Bagikan
RT 16 Kelurahan Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan keluhkan sistem zonasi sekolah yang dinilai masih tak sesuai.(istimewa)

JURNALTODAY.ID,Bontang – Warga RT 16 Kelurahan Tanjung Laut Indah mengaku tak puas dengan kebijakan zonasi untuk siswa baru. Pasalnya, meski diapit tiga sekolah negeri, banyak anak-anak mereka justru tak masuk dalam hitungan zonasi.

Ketua RT 16 Tanjung Laut Indah Muhammad Tahir menyebutkan, di wilayah itu terdapat tiga sekolah negeri yaitu SMPN 7, SMPN 2 Bontang hingga SMPN 3 yang justru berada di RT 14.

Tiga sekolah ini harusnya masuk dalam zonasi para warganya. Namun, terdapat orang tua murid yang justru masih mengeluh karena terkendala pendaftaran sekolah.

“Tapi lepas dari zona. Akhirnya lari ke swasta. Tidak sedikit juga yang putus sekolah,” ucapnya saat menghadiri reses anggota DPRD Bontang, Raking. Kamis (18/08/2022) malam.

Menindak lanjuti hal itu Anggota Komisi I DPRD Bontang Raking merespon keluhan warga RT 16 yang tidak masuk zonasi sekolah negeri, dan akan segera melakukan pembahasan dengan dinas terkait.

Raking akan meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) lebih memberikan kebijakan. Semisal memperbanyak kuota jalur afirmasi dan prestasi. Bagi pelajar yang tidak masuk dalam zonasi.

“Misal untuk anak-anak yang memiliki non akademik. Seperti yang ikut Pramuka dan ekstra kurikuler lain. Intinya akan saya kawal,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMPN 2, Jumadi mengatakan, untuk petunjuk teknis (Juknis) sistem zonasi ia sebut berasal dari dinas terkait. Pihaknya pun hanya menjalankan aturan yang sudah ditetapkan.

“Jarak dari sekolah ke rumah itu maksimal 400 meter ditarik lurus lewat maps,” ucapnya.(RD)

  • Bagikan