Rayakan Hari Raya Iduladha, Rutan Kelas IIA Samarinda Bagikan Hewan Kurban

  • Bagikan
Karutan Kelas IIA Samarinda Alanta Imanuel Ketaren saat membagikan hewan kurban secara simbolis ke perwakilan RT setempat.

SAMARINDA – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melakukan shalat Iduladha di lapangan Rumah Tahanan Kelas IIA Samarinda, Minggu (10/07/2021).

Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang rutin dilakukan di Rutan Kelas IIA Samarinda di hari raya. Setelah menggelar shalat Ied, agenda pun bergeser ke pembagian hewan kurban secara simbolis.

“Tahun ini kita total membagikan 23 ekor sapi, dan 4 ekor kambing,” kata Karutan Kelas IIA Samarinda Alanta Imanuel Ketaren.

Alanta bersyukur untuk tahun ini jumlah yang dikurbankan rutan yang dipimpinnya melebihi target yang semula mereka rencanakan.

“Alhamdulillah, awalnya kita target 20 ekor. Tapi ternyata kita bisa berkurban melebihi target kita,” lanjutnya.

Diakuinya dengan perhatian berbagai pihak terhadap instansi yang dipimpinnya ini, memberikan dampak yang sangat baik.

Terbukti dengan datangnya hewan kurban yang disumbangkan berbagai instansi, bahkan ada juga yang disumbangkan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, Rutan Kelas IIA Samarinda membagikan hewan kurban ke warga sekitar. Namun,terjadi perubahan skema dalam pembagian hewan kurban.

Jika di tahun-tahun sebelumnya pembagian dilakukan setelah pemotongan, tahun ini warga serta pihak yang menerima sumbangan langsung mendapatkan hewan qurban per ekornya.

“Biar dapat suasana lebaran qurbannya. Kalau berapa tahun kita bagikan per plastik, tahun ini langsung kita kasi per ekor, dan mereka yang melakukan prpsesi pemotongan hewan kurbannya sendiri,” jelas Alanta.

Selain kepada warga sekitar dan beberapa UPT, tak ketinggalan Alanta turut menyumbangkan satu ekor sapi kepada awak media.(*)

  • Bagikan