Pancasila Menjawab Tantangan Zaman

  • Bagikan
Bung Saipul Akbar, Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Persiapan Bontang

Pancasila sebagai bentuk metode berfikir bangsa dalam implementasikan kehidupan bernegara. Meski ditengah kepungan kemajuan teknologi, pancasila tentunya selalu memiliki tempat di zaman apapun dan kapanpun.

Kini bangsa kita memasuki era globalisasi, tantangan dan ancaman terhadap Pancasila semakin besar. Cita-cita para pendiri bangsa yakni menjadikan masyarakat agar mampu mengamalkan segala bentuk abdi terhadap negara dengan mempelajari pancasila.

Bukan hanya teriakan kata merdeka, namun situasi dan kondisi masih jauh dari kata merdeka.

Saat ini diketahui secara bersama, bahwa Negara seakan sirna dalam melindungi segenap warganya. Jika Pancasila masih menjadi Ideologi negara, kenapa penindasan manusia atas manusia masih saja terjadi di Indonesia.

Baca Juga :  Esensi Pancasila, GMNI Samarinda Nilai Tak boleh ada Kemiskinan, Ketimpangan dan Kerusakan Lingkungan

Kasus penuntasan HAM masa lalu, Konflik Agraria, Kriminalisasi Aparat dan Oligarki Politik masih langgeng di Indonesia.

Pancasila seakan terabaikan dengan filosofi membangun karakter bangsa.

Berbagai peristiwa dalam masyarakat misalnya sifat beringas dan keras dalam setiap penyelesaian masalah baik sosial, politik, kebudayaan, hukum bahkan persoalan keagamaan telah mewabah dalam kehidupan bermasyarakat.

Pancasila yang seharusnya sebagai nilai, dasar moral etik bagi negara dan pemerintah dalam kenyataannya digunakan sebagai alat legitimasi politik.

Tantangan yang tidak kalah beratnya adalah perkembangan dunia yang sangat cepat dan mendasar dari globalisasi. Sehingga memungkinkan terjadinya penyusupan ideologi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga :  Masalah Besar Bangsa Ini, Ada Pada Diri Manusianya

Dalam kehidupan bernegara ideologi menentukan kepribadian nasional, sehingga mampu mempersatukan aspirasi atau cita-cita suatu kehidupan yang diyakini sebagai terbaik, serta mempersatukan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Pancasila yang juga menjunjung nilai kemanusiaan perlu sangat dipahami untuk banyak orang, persoalan kemanusiaan juga menjadi sorotan utama dalam penerapan pancasila itu sendiri.

Persoalan kesejahteraan yang hari ini kita lihat apakah sudah sesuai dengan nilai dasar dari pancasila itu.

Persoalan kehidupan masyarakat yang mempertahankan hidup di lahan mereka, buruh pabrik yang mengeluarkan keringat untuk menghidupi keluarganya, kemudian persoalan para penguasa yang membuat kebijakan yang berlandaskan kesejahteraan masyarakat yang harusnya sesusai apa yang menjadi nilai dasar dari pancasila itu sendiri.

Baca Juga :  PA GMNI Di Tengah Perubahan Arus Generasi

Kemudian menjadi pertanyaan apakah pancasila masih mampu berada sejajar dengan perubahan setiap zaman?

Tentu saja iya, disamping pancasila sebagai nilai dasar yang bersifat absolut tentunya akan sama diterapkan disetiap zamannya. Dan sampai hari ini pun persoalan baik sosial, politik, budaya.

Pancasila masih mampu menjadi bintang pandu untuk rakyat dalam berbangsa dan bernegara. Dan dengan pancasila perlu ada internalisasi atau pemahaman dasar dari pancasila itu sendiri agar kita mampu mengenali kembali jati diri bangsa dan kembali merekatkan persatuan dari segala perbedaan. (*)

  • Bagikan