Mardani Ali Sera: Hancur Kepercayaan Publik Terkait Disunatnya Hukuman Pinangki

  • Bagikan
Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera

JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, mengatakan bahwa terkait pemotongan masa hukuman bagi Jaksa Pinangki Sirna Malasari, memberikan dampak luas utamanya bagi kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia.

“Ini merupakan keprihatinan kita bersama, dipangkasnya hukuman 10 tahun menjadi 4 tahun merupakan preseden buruk. Padahal kalau kita mengikuti kasusnya, sangat gamblang apa yang dilakukan oleh Pinangki sangat mencoreng Kejaksaan,” ungkap Mardani kepada media di Jakarta, Selasa malam (15/06/2021).

Baca Juga :  Kurangi Over Kapasitas Rutan Samarinda Mutasi Napidana

Mardani menegaskan, ada integritas institusi penegak hukum yang dipertaruhkan dalam kasus ini, yaitu tergerusnya kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum.

“Penyunatan hukuman Jaksa Pinangki dapat dipastikan dampak luar biasa bagi institusi terkait, oleh karenanya institusi yang terkait dengan Pinangki dipertaruhkan dengan kasus ini,” ujar Mardani

Pada tingkat pertama di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Pinangki divonis 10 tahun penjara dan membayar denda sebesar 600 juta rupiah.

Baca Juga :  Satu Hari Satu Produk Penjara, Bazar Rutan Samarinda Hasilkan Penerima Negara Bukan Pajak

Namun kemudian terjadi pengurangan hukuman bagi Pinangki dari 10 tahun menjadi 4 tahun, hal ini berdasarkan Putusan Nomor: 10/PID-SUS-TPK/2021/PT DKI. (*)

  • Bagikan