Kuatkan Tusi Petugas Pemasyarakatan Rutan Samarinda, Jumadi Ingatkan Asimilasi Gratis dan Covid Bukan Aib

  • Bagikan
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Jumadi saat memberikan arahan penguatan tugas dan fungsi di Rutan Kelas IIA Samarinda

SAMARINDA – Upaya untuk terus memerangi covid 19 serta mendistribusikan hak bagi warga binaan pemasyarakatan di seluruh UPT menjadi arahan utama Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Kaltim Jumadi.

Hal tersebut di sampaikan dalam penguatan tugas dan fungsi bagi petugas Rutan Kelas IIA Samarinda, Kamis (22/07/21).

Menurut Jumadi, Covid 19 bukanlah aib, melainkan wabah yang mesti di perangi dengan taat terhadap prokes, untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain.

“Covid ini bukan aib, jadi kalau ada petugas yang sudah merasakan tidak enak badan, segera cek kesehatannya. Jika toh terbukti positif segera minta istirahat,” ucap Jumadi

Baca Juga :  Geger, DKPP Berhentikan Ketua KPU Arief Budiman

Dilanjutnya bahwa petugas pemasyarakatan ini ketika sehat melindungi banyak orang, selain melindungi diri sendiri beserta keluarga, juga melindungi ribuan warga binaan pemasyarakatan (wbp) tempat mereka bekerja.

“jadi mesti sungguh-sungguh menjaga kesehatan serta taat protokol kesehatan,” sambungnya.

Pria berdarah jawa ini juga meminta kepada pimpinan rutan beserta jajaran harus memastikan semua fasilitas yang menunjang prokes tersedia dan terjaga dengan baik.

“saya minta kepada semua jajaran, untuk memastikan baik fasilitas prokes untuk pengunjung, tamu hingga warga binaan di siapkan sesuai standar. Mulai dari halaman depan, pintu masuk hingga hunian warga binaan, “ tegas Jumadi.

Selain bekerja keras memerangi covid, upaya maksimal untuk memberikan pelayanan prima terhadap distribusi hak warga binaan, khususnya menjalankan program asimilasi dalam Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 24 Tahun 2021.

Baca Juga :  649 Warga Binaan Lapas Pemuda Madiun Bakal Terima Remisi

“Ingat asimilasi ini gratis bagi semua warga binaan, dan saya minta bagi semua wbp yang sudah memenuhi syarat segera di Linmas kan,” ucapnya.

Menurutnya, selain melaksanakan program pemerintah, asimilasi ini akan membantu masalah utama seluruh jajaran Kemenkumham, yaitu over kapasitas. Dan ini akan menghemat anggaran kementerian.

Dalam kegiatan tersebut juga, Jumadi meminta Rutan Samarinda memastikan kebersihan lingkungan rutan yang sudah baik. Memberikan perhatian khusus pada Dapur Umum, Poliklinik serta kamar mandi umum dan kamar mandi kantor.

Baca Juga :  Rutan Tanjung Redeb Dapat Apresiasi Kadivpas Kemenkumham Kaltim

“karena dapur umum, polkilinik, wc umum dan wc kantor jadi tempat yang digunakan banyak orang, baik petugas, tamu dan wbp,” imbuhnya Jumadi.

Selain itu, Jumadi juga memastikan seluruh petugas pemasyarakatan khususnya Rutan untuk tidak terlibat dalam narkoba baik pengguna ataupun pemasok, juga di tegaskan nya dalam penguatan tusi tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Rutan Samarinda Alanta Imanuel Ketaren yang mendampingi Kadivpas, menegaskan bahwa petugas Rutan Samarinda sepenuhnya nihil dari narkoba.

“Saya memastikan nihil petugas rutan, baik pengguna ataupun pemasok narkoba,” ucap Alanta dengan tegas, menjawab arahan Kadivpas. (*)

Editor: Redaksi
  • Bagikan