Kondisi Memprihatinkan, Faisal Uraikan Kebutuhan Fasilitas Pendidikan Pulau Gusung

  • Bagikan
Sekolah yang terletak di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara.

JURNALTODAY.ID, Bontang – Kondisi memprihatinkan di Sekolah Dasar 011 Gusung, Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara memaksa pemerintah kota maupun pihak legislatif untuk memberikan perhatian yang ekstra.

Sejak beberapa tahun terakhir, kondisi sekolah ini memang seringkali disoroti. Sayangnya, hingga saat ini belum terlihat perubahan yang cukup besar. Terbaru, SD 011 Gusung bahkan tidak memiliki toilet, hanya memiliki tiga ruang kelas, dan tidak adanya fasilitas kantor bagi para pengajar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang Bambang Cipto Mulyono tak menepis kondisi tersebut. Dirinya berdalih bahwa pihaknya telah menganggarkan di APBD-Perubahan 2022 berupa penyekatan kelas dan pembangunan toilet.

“Sementara kita kasi penyekat dulu, karena belum ada anggaran melihat jumlah muridnya juga tidak banyak. Nanti kita usahakan kalau sudah ada anggaran kelasnya akan kita tambah beserta ruang guru,” kata Bambang.

Sementara itu anggota komisi III DPRD Kota Bontang Faisal, kepada awak media menjelaskan secara detail kondisi SD 011 Gusung saat ini.

“SD 011 Gusung itu ternyata mereka ngajar dalam satu ruangan itu ada dua kelas. Mereka gabung kelas 1 dan 2, kelas 3 dan 4, kelas 5 dan 6. Mereka ngajar secara bersama disitu,” kata Faisal, Selasa (23/08/2022).

Dia menguraikan kebutuhan-kebutuhan yang wajib segera dipenuhi demi kelancaran aktivitas belajar mengajar di SD 011 Gusung. Diantaranya, kapal bagi guru-guru yang tidak berdomisi di Pulau Gusung tersebut. Baik untuk guru SD maupun tenaga pengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang juga terdapat di Gusung.

“kemarin meminta dan bermohon pengadaan kapal, karena ternyata ada guru-guru PAUD. Nah guru PAUD ini tidak tinggal di situ. Sehingga kalau guru SD pulang baru mereka pulang. Jadi numpang satu kapal,” pungkas Faisal.(**)

  • Bagikan