Jamin Kondusifitas Pasca Lebaran, Rutan Samarinda Geledah Kamar WBP

  • Bagikan
Rutan Kelas IIA Samarinda menggelar razia pasca lebaran.

SAMARINDA – Usai sambut lebaran idulfitri 1443 Hijriyah, Rutan Samarinda kembali lakukan penggeledahan hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP). Selasa (10/05/2022).

Meskipun tidak menerima kunjungan keluarga WBP sejak dilanda covid-19. Lebaran kali ini lonjakan barang titipan meroket.

Hal ini disampaikan Gilang Wisnuwardhana, Kepala Keamanan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) yang di temui usai melakukan penggeledahan.

Hari biasa, Rutan Samarinda kurang lebih hanya menerima barang titipan 70 hingga 100 paket barang titipan wbp.

“Namun di lebaran pertama kita menerima hampir 500 paket barang titipan hingga lebaran ke empat, ” ucap Gilang.

“Lonjakan barang titipan ini dinilai berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan hunian, makanya penggeledahan rutin ini kami lakukan demi meminimalisir hal tersebut,” lanjutnya.

Kali ini kawasan hunian blok A yang jadi sasaran penggeledahan. Alhasil beberapa benda terlarang berhasil diamankan.

Mulai dari teko listrik buatan pabrik, pemanas air buatan, pisau, cuter serta terminal listrik jadi barang temuan hasil penggeledahan.

Berjalan kurang lebih satu jam, penggeledahan dihentikan. Barang hasil razia segera didata dan disatukan dengan sitaan lainnya.

Alanta Imanuel Ketaren, Karutan Samarinda usai razia menyapa awak media dan menjelaskan bahwa giat penggeledahan ini upaya rutin rutan untuk selalu kondusif.

“Lebaran kemarin itu ramai sekali mas titipan barang dan makanan bagi wbp, biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kita lakukan giat penggeledahan malam ini,” ucap Alan, sapaan Karutan Samarinda.

Meskipun masih ada beberapa benda terlarang ditemukan dalam razia ini, Alanta sangat merasa senang situasi terus kondisif di Rutan.

“Barang terlarang jadi prioritas kami untuk di berantas, namun saya senang mulai dari lebaran hingga sekarang ini Rutan selalu kondusif, tentrem ayem,” kata pria asal tanah Karo ini mengakhiri.

  • Bagikan