Hetifah Ajak Konten Kreator Sosialisasikan Standar Usaha Parawisata dan Ekonomi Kreatif

  • Bagikan
Deputi bidang industri investasi kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif Oni Yulfian bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifa Sjaifudian berfoto bersama konten kreator Bontang.

BONTANG – Deputi bidang industri investasi kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian melaksanakan kegiatan optimalisasi peran konten kreator dalam mensosialisasikan standar usaha parawisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, Kamis (21/07/2022) pagi.

Wakil ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, Ekonomi Kreatif bukan sekedar ekonomi biasa. Pasalnya semua elemen bisa mendapat untung. Namun, ia menilai dibalik keuntungan itu, perlu ada aktivitas lebih dalam membangun intelektualitas, dalam menggunakan teknologi, dan bisa membantu perkembangan budaya.

“Kita lagi pandemi dan semua pasti mengalami masalah, tapi yang bisa menjadi domineer adalah mereka yang menguasai teknologi digital, jadi beberapa sektor ekraf yang tumbuh umumnya yang bisa memanfaatkan platform digital,” sambung Hetifah.

Kata dia, saat ini problem utama, adalah keribetan untuk memulainya. Namun, dengan partisipasi para konten kreator, masyarakat bisa mengetahui secara mudah informasi mengenai proses pengembangan ekonomi kreatif yang juga digarap oleh kemenparekraf.

“Praktek-praktek baik di pemerintah, smoga bisa disebarkan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Direktorat standarisasi dan sertifikasi usaha Deputi bidang industri investasi kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif badan parawisata dan ekonomi kreatif, Oni Yulfian mengatakan saat ini proses standarisasi bidang usaha bisa dicapai dengan cara yang mudah. Pasalnya, untuk melegalisasi suatu usaha, bisa dilakukan secara perorangan dengan mengajukan di sistem perizinan usaha milik kemenparekrafkemenparekraf, secara gratis.

“Hanya menggunakan KTP dan NPWP, bisa mendaftar melalui OSS (Online Single Submission (OSS),” ujarnya.

Untuk menunjang sosialisasi terkait hal ini, pihaknya pun mengajak para konten kreator untuk mulai mensosialisasikan hal itu. Ia menilai, para pelaku usaha kreatif pun perlu saling berkolaborasi untuk membantu kesejahteraan masing-masing nilai usaha.

“Kalau kolaborasi, pasti bisa berhasil,” jelasnya.(***)

  • Bagikan