Hendry Pailan Sosialisasi Perda Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Bontang

  • Bagikan
Suasana Sosialisasi Perda yang digelar oleh anggota DPRD Kaltim, Hendry Pailan di Gedung Serbaguna Gereja Toraja Jemaat Kanaan Bontang, Kelurahan Kanaan, Bontang Barat.

JURNALTODAY.ID,Bontang – Anggota DPRD Kaltim Hendry Pailan sosialisasi Perda Nomor 7 Tahun 2017 tentang Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika pada Senin (01/08/2022) di Gedung Serbaguna Gereja Toraja Jemaat Kanaan Bontang, Kelurahan Kanaan, Bontang Barat.

“Perda ini berperan penting untuk memerangi peredaran narkotika di sekitar kita,”kata Hendry Pailan dalam sosialisasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak masyarakat agar berperan aktif memerangi peredaran narkotika. Mulai dari aktif melaporkan, atau menyampaikan saran kepada lembaga berwenang bila ada dugaan tindak pidana narkotika.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengkampanyekan akibat atau bahaya penyalahgunaan narkotika. Sebab kata Dia, semua stakeholder perlu bergandengan tangan termasuk masyarakat berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika.

‚ÄúSemua masyarakat harus terlibat, agar generasi kita selamat,” katanya.

Kaltim memang terbilang darurat narkoba, jadi sasaran empuk para kartel narkoba. Angka pengguna tinggi karena akses masuknya yang relatif banyak.

Berbagai kalangan menjadi korbannya, mulai dari SMP, SMA dan perguruan tinggi. Tak heran genderang perang terhadap narkoba di benua etam ini (sebutan Kaltim) ditabuh tanpa henti. Apalagi modus operandinya juga berkembang mengikuti ketatnya pengawasan.

Kemasannya juga berkembang mulai dari paket sederhana hingga paket narkoba yang terkemas modern. Bahkan menyerupai kemasan makanan populer. Misalnya kopi kemasan, hingga bentuk makanan anak-anak.

Hendry Pailan berharap dengan seringnya dilakukan sosialisasi, masyarakat bisa mengetahui dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan.

“Perda ini berperan penting untuk memerangi peredaran narkotika di sekitar kita, masyarakat bisa berperan melaporkan, atau menyampaikan saran kepada lembaga terkait jika ditemukan adanya dugaan tindak pidana narkotika” pungkasnya.(***/r)

  • Bagikan