Hadiri Upacara Virtual HBP Ke 58, Rutan Samarinda Siap Maju Melayani

  • Bagikan
Kepala Rumah Tahanan Samarinda Alanta Imanuel Ketaren bersama jajaran saat mengikuti upacara Hari Bakti PAS 2022.

SAMARINDA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Tahun 2022 bertempat di Graha Pengayoman Kemenkumham dan diikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting oleh seluruh Jajaran Pemasyarakatan seluruh Indonesia, Rabu (27/04/2022).

Kegiatan ini merupakan acara puncak memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 dengan tema ‘Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju’ yang diharapkan dapat meningkatkan komitmen jajaran pemasyarakatan dalam mencapai tujuan pemasyarakatan.

Kepala Rutan Samarinda Alanta Imanuel Ketaren yang didampingi oleh Para Pejabat Struktural dan pegawai Rutan Samarinda mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi virtual zoom di Aula Rutan Samarinda.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga saat membacakan laporan kegiatan menyampaikan kinerja yang telah dilakukan dan dicapai oleh pemasyarakatan dalam setahun terakhir.

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Divisi Pemasyarakatan yang sudah mengabdikan diri selama 58 tahun di bawah Kementerian Hukum dan HAM untuk Indonesia yang lebih baik.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemasyarakatan se-Indonesia, yang telah melimpahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk Kementerian Hukum dan HAM. Saya ingatkan kembali, Bukan hanya jajaran pemasyarakatan tapi seluruh yang ada dibawah payung Kementerian Hukum dan HAM untuk selalu gotong royong menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Institusi kita ini,” kata Yasonna.

Untuk seluruh jajaran pemasyarakatan yang ada di daerah, Menteri Yassona berpesan agar kolaborasi dengan semua pihak tetap dilaksanakan.

“Tetap jalin kolaborasi dengan semua pihak, Aparat Penegak Hukum, Instansi Vertikal, Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder serta seluruh jaringan masyarakat. Kita tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan mereka semua,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan agar terus berkarya dalam melaksanakan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Kita sama dengan mereka, hanya saja mereka sedikit tergelincir dan berurusan dengan hukum, oleh karenanya bina dan didik mereka dengan baik dan sepenuh hati,” imbuhnya.

Tak lupa, Menteri Yassona berharap dalam momentum ramadan bisa menjadi sarana mengkualitaskan diri, mendekatkan kepada sang pencipta.

“Selamat menjalankan Ibadah Puasa semoga keringat anda semua dicatat sebagai pahala disisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Menteri Yasonna menutup pidatonya.

Usai mengikuti upacara virtual, Karutan Samarinda Alanta beserta jajaran melakukan sesi foto bersama di Hari Bakti PAS 2022.

“semoga di usia melayani seperti sekarang ini, kami khususnya Rutan Samarinda semakin memajukan pelayanan bagi masyarakat,” kata Alanta saat ditemui usai upacara.

  • Bagikan