Google Rayakan Kelahiran Ibu Kasur, Milenial Masih Ingat Ibu Kasur?

  • Bagikan

BONTANG – Ada yang menarik dalam tampilan Google Doodle hari ini. Ya, gambar seorang perempuan usia paruh baya dengan latar pemandangan gunung dan anak-anak. Kalau dilihat-lihat, gambar pemandangannya seperti gambar pemandangan ‘template’ anak Indonesia.

Ternyata, Google Doodle hari ini temanya merayakan hari kelahiran Ibu Kasur. Siapa Ibu Kasur? Sepenting apa, dan apa kaitannya dengan gambar pemandangan ‘template’ nya anak Indonesia? Yuk, kenalan sama beliau.

Lahir dengan nama Sandiah, 16 Januari 1926 silam. Nama Ibu Kasur sendiri merupakan nama yang ia pakai, dan dikenal oleh masyarakat di dunia seni dan pendidikan. Ya, Ibu Kasur seorang seniman dan tokoh pendidikan Indonesia.

Mulanya, nama ‘Kasur’ sendiri karena mengikuti suaminya. Suami Ibu Kasur bernama Soerjono, akrab dipanggil Kak Sur. Dari situ, orang-orang kemudian memanggilnya Pak Kasur. Jadi, istri Pak Kasur lalu dipanggil Ibu Kasur.

Keduanya dikenal ketika menjadi pembawa acara di TVRI. Tak hanya itu, keduanya lalu mendirikan TK Mini di Jakarta tahun 1965 yang melahirkan orang-orang terkenal, diantaranya Ibu Megawati Soekarnoputri dan adiknya Guruh Soekarnoputra, serta pelawak senior Ateng.

Pasangan suami istri ini dikenal sebagai pendidik sekaligus pemerhati anak. Tak heran karena keduanya benar-benar mendedikasikan hidup mereka untuk anak-anak Indonesia.

Dedikasinya terhadap anak-anak ini ditunjukkan lewat karya-karyanya. Selain mendirikan Yayasan, aktif menjadi pemandu acara anak-anak di TVRI, Ibu Kasur juga turut mengedit majalah, memproduksi film, serta menciptakan lagu anak-anak.

Berkat dedikasinya, pada Hari Anak Nasional tahun 1988 Ibu Kasur menerima penghargaan dari Presiden sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Generasi milenial, gak lupa sama Ibu Kasur, kan?

  • Bagikan