FPMP3 Desak PLN UP2K Flores Untuk Bangun Jaringan Listrik Baru Di Bari

  • Bagikan
Forum Pemuda Macang Pacar Peduli Perubahan (FPMP3) bersama perwakilan PLN UP2K Flores di Lawir Ruteng.

MANGGARAI – Pemerintah menargetkan seluruh desa di Indonesia harus teraliri listrik. Saat ini masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum dapat menikmati listrik dan hidup dalam kegelapan.

Hal ini dirasakan oleh masyarakat Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar yang hingga saat ini belum tersentuh listrik PLN.

Karenanya, Forum Pemuda Macang Pacar Peduli Perubahan (FPMP3) mendatangi kantor PLN UP2K Flores di Lawir Ruteng untuk meminta dan mendesak pihak PLN untuk segera melakukan survei atau instalasi listrik di Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar yang belum tersentuh aliran listrik dari PLN, Jumat (04/03/2022).

Ketua FPMP3 Roby Wirawan menyampaikan bahwa persoalan ketidaksediaan aliran listrik di Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar menjadi persoalan besar dalam kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat serta terhambatnya kebutuhan pelayanan publik di setiap aktivitas perkantoran dan sekolah yang ada disana.

Selain itu, FPMP3 juga telah menyodorkan surat permohonan instalasi listrik PLN serta beberapa persyaratan lainnya saat berlangsungnya Audiensi itu.

“Masyarakat Desa Bari menolak pihak PLN dalam perencanaannya, Desa Bari diberikan instalasi PLTS dan pihak PLN untuk segera melakukan survei dan pemasangan tiang penyangga kabel listrik PLN di Desa Bari,” Jelas Roby Wirawan Selaku Ketua FPMP3.

Sedangkan pihak PLN UP2K Flores melalui Supervisor Bagian Perencanaan Muhammad Bujairimi menyampaikan permohonan maaf karena ketidakhadiran Kepala PLN UP2K Flores, pimpiannya.

Lalu, menangapi usulan permohonan instalasi listrik PLN di Desa Bari, Bujairimi memastikan akan menyampaikan hasil audiensi kepada pimpinan atau kepala PLN UP2K Flores. Terlebih soal penolakan pemasangan PLTS di Desa Bari yang dalam perencanaannya di tahun 2023 itu.

“Masih banyak Desa-desa yang belum tersentuh oleh aliran listrik terutama di Kecamatan Macang Pacar. Jujur kendala kami memang di anggaran dari pemerintah pusat yang sangat terbatas dan kami PLN hanya eksekutor serta masalah terkait pembebasan lahan hutan lindung itu tetap kami koordinasikan ke pihak KPH Mabar,” tutup Muhammad Mujairimi.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, dilansir dari metrorakyat.com, mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada pihak GM PLN UP2K Flores untuk perluasan instalasi listrik sampai ke Desa Bari dan di Desa se-Kecamatan Macang Pacar yang belum dialiri arus listrik PLN.

“Lalu terkait dengan hutan lindung itu saya akan mendatangi langsung pihak KLHK di Jakarta untuk pembebasan lahan hutan lindung yang akan dimanfaatkan dalam instalasi listrik PLN ke Bari,” tutup Edi Endi, Bupati Manggarai Barat.

  • Bagikan