Diduga Makan Uang Negara, Masyarakat Desak Kades Manong Tuntaskan Pengerjaan Telford

  • Bagikan

MANGGARAI BARAT – Masyarakat Desa Manong, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT desak Kejari Manggarai Barat periksa Kepala Desa Manong terkait pengerjaan Telford 2021 ruas Watu Wangka-Lando-Dangka yang hingga kini belum tuntas.

Pantauan media pada Senin (13/06/2022) terlihat beberapa titik tidak disusun batu, bahkan batu yang digunakan menggunakan batu bulat.

Salah satu warga yang enggan dimediakan namanya saat ditemui di lokasi, menjelaskan bahwa pengerjaan Telford ini dianggarkan dari Dana Desa pada tahun 2021 dengan panjang 830 meter.

Namun,dalam pelaksanaannya tidak dikerjakan secara tuntas, sehingga ada 3 titik yang tidak disusun batu dengan panjang masing-masing kurang lebih 10 meter dan satu titik lagi dengan panjang kurang lebih 100 meter.

“Kami sangat kecewa pak, pengerjaan Telford ini tidak dikerjakan sampe tuntas. Padahal jalan ini satu-satunya jalan yang bisa membantu kami untuk mobilisasi hasil tani kami, bahkan jalan ini selain akses ke kebun masyarakat juga merupakan akses ke Gua Maria yang menjadi salah satu lokasi wisata di Desa ini,” terangnya.

Saat musim hujan, motor kami untuk angkut hasil panen tidak bisa jalan sampe ke kebun lantaran jalanan licin pak. Dan itu disebabkan karena teknik penyusunan batu menggunakan batu bulat.

“Oleh karena itu, kami sebagai masyarakat Desa Manong meminta kejaksaan Negeri Labuan Bajo untuk memeriksa kepala desa manong terkait pengerjaan telford ini,” tegasnya.

Salah satu warga yang diwawancara mengaku tidak tahu secara pasti teknis pengerjaan telford tersebut. Namun, kata warga yang tidak ingin disebutkan namanya itu dalam pekerjaan telford sangat tidak diperbolehkan untuk menggunakan batu bulat kecuali batu pecah.

“Kami juga tidak tahu secara pasti berapa pagu yang dianggarkan untuk pengerjaan telford ini karena kami tidak melihat baliho perencanaan dalam pengerjaan ini sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat”, tutur salah satu warga yang enggan dimediakan namanya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Manong belum berhasil dikonfirmasi.(*)

  • Bagikan