Desa Tanjung Batu, Kawasan Cadangan Pangan Nasional

  • Bagikan

TENGGARONG – Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang diproyeksikan menjadi kawasan cadangan pangan nasional. Target tersebut sudah dicanangkan jauh-jauh hari, sejak tahun 2020 lalu. Nantinya, kawasan tersebut akan memanfaatkan lahan tidur dengan luas 460 hektare.

Saat berkunjung ke kawasan tersebut, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menjelaskan terkait gagasan mengenai kawasan cadangan pangan nasional tersebut.

“Kawasan ini konsepnya desa hijau dan mimpi akhirnya untuk mewujudkan desa mandiri, terutama yang berkaitan dengan mandiri pangan,” kata Edi saat meninjau tindak lanjut yang dilakukan oleh kelompok tani dengan bekerja sama bersama TNI/Polri.

Untuk sekarang, lahan yang telah dibuka baru mencapai 60 hektare. Dengan mencakup kegiatan pertanian dalam arti luas. Yakni, tanaman pangan, hortikultura, peternakan, dan perikanan.

Edi mengklaim program tersebut sebagai penunjang untuk persiapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Pihaknya berharap pengembangan kawasan tersebut dapat menjadi contoh daerah-daerah lain. Sebab, kebijakan Kukar saat ini tengah mengembangkan pertanian berbasis kawasan dan hilirisasi pertanian.

“Salah satunya Rice Processing Unit yang juga berdekatan desa ini agar diintegrasikan,” ujarnya.

Program tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid.

“Jangan ragukan Kukar menuju swasembada pangan,” tegas Rasid.

Abdul Rasid memastikan untuk terus mendorong program ketahanan pangan nasional, yang diinginkan pemerintah pusat. Melihat beberapa lokasi sudah disiapkan sebagai lahan cadangan pangan strategis nasional.

“Dampak ekonomi dari sektor pangan ke depannya akan makin prospek di Kukar, ” ungkapnya,” pungkasnya.

  • Bagikan