Danau Labuan Cermin, Surga Tersembunyi di Belantara Kalimatan Timur

  • Bagikan

BERAU -Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 hingga 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Untuk ke sana, kamu harus menyewa kapal seharga Rp 200 ribu untuk pulang-pergi. Ongkos akan lebih murah jika kamu liburan ke sana bareng rombongan. Meskipun memakan waktu lama, namun rasa lelah akan terbayar ketika kamu menikmati danau cantik ini.

Air di Danau Labuan Cermin sangat jernih. Jadi, kamu bisa melihat dasar danau dengan pasir lautnya yang cantik. Danau ini disebut Labuan Cermin karena lapisan airnya seperti memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal itu terjadi karena airnya memiliki rasa asin yang akan terasa jika kita mengecap air dari permukaan danau. Sementara air di dasar danau terasa tawar.

Baca Juga :  Dispopar Menutup Sementara Obyek Wisata dan Fasilitas Olahraga di Kota Bontang

Dua jenis air berbeda inilah yang membuat Labuan Cermin memiliki sebuah lapisan pemisah, sehingga air bisa memantul. Banyak juga yang menyebut Danau Labuan Cermin sebagai ‘Danau Dua Rasa’. Walaupun terlihat dangkal, kamu harus tetap waspada saat main di danau ini karena kedalamannya mencapai 4 sampai 5 meter.

Labuan Cermin memiliki pemandangan yang menyegarkan. Danau ini dikelilingi pepohonan rimbun, sehingga suasananya teduh. Cocok dijadikan sebagai tempat untuk melarikan diri sejenak dari penatnya ibukota. Bupati setempat sudah membuat Labuan Cermin sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung yang dilengkapi banyak saran, sehingga kamu semakin mudah menikmati kesejukan dan keindahan Labuan Cermin.

Baca Juga :  PUTRI Kaltim Sambut Baik Kegiatan Coaching Clinic Pelayanan Perizinan Sektor Pariwisata




Mengintip Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur yang Airnya

Selain menikmati suasana, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti berenang, snorkeling, dan menyelam. Dari permukaannya aja, kita sudah bisa melihat banyak ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan. Kebayang nggak begitu menyelam ke dalamnya? Masih banyak ikan cantik yang bisa kamu lihat, travelers! Ikan-ikan di sana berenang secara terpisah tentunya dipengaruhi dari rasa air, sehingga kamu mudah membedakan mana ikan air tawar dan ikan air laut.

Baca Juga :  Pesona Mahakam Ulu

Untuk yang ingin snorkeling, jangan lupa bawa peralatan lengkapmu, ya! Jika tidak bawa, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling beserta pelampungnya di toko yang berlokasi di dermaga. Sedangkan untuk yang ingin sekedar bermain air dan bersantai ria di atas ban, di sana juga tersedia penyewaan ban dalam mobil, bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya. (*)

  • Bagikan