Agus Haris Dorong Persoalan Warga Pesisir Masuk Dalam RPJMD

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris dorong pemerintah untuk memasukkan masalah pesisir prioritas RPJMD. (006)

BONTANG – Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris mendorong pemerintah untuk memasukkan pembahasan warga pesisir sebagai skala prioritas dan dimasukkan kedalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurut Agus kondisi rakyat pesisir jauh tertinggal dan rentan terhadap kemiskinan. Belum lagi, persediaan air bersih yang sangat minim dan bangunan tempat kehidupan dianggap tidak layak. Hal itu berdasarkan survei lapangan yang dilakukan oleh politikus Partai Gerindra itu.

“Itu yang harus diperhatikan, karena mereka (warga pesisir) berperan penting dalam kehidupan warga yang ada di darat, contohnya mereka menangkap ikan untuk di konsumsi, kalau enggak ada mereka repot juga,” jelasnya saat ditemui usai sidang paripurna, Selasa (28/4/2021).

Bagaimanapun, masyarakat yang ada di pesisir juga turut andil dalam pesta demokrasi. Sehingga mereka punya hak dan layak untuk mendapat perhatian oleh pemerintah.

Agus mendorong, agar masyarakat pesisir mendapat pembinaan berkelanjutan. Hal itu untuk membentuk  pola hidup masyarakat tidak hanya menggantungkan hidup dari nelayan. Namun, juga bisa didorong untuk mengolah hasil tangkapan  menjadi sesuatu yang bisa menjadi pemasukan masyarakat pesisir.

Tidak hanya itu, Agus juga meminta agar fasilitas yang dibutuhkan warga pesisir juga dibantu untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai nelayan.

“Masyarakat di sana perlu diperhatikan, jangan cuma di darat aja,” tandasnya. (006/Redaksi)

  • Bagikan