56 Calon PPS di Kecamatan Kecamatan Kenohan Ikuti Tes Tertulis

  • Bagikan
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kenohan, Kutai Kartanegara.

JURNALTODAY.ID, Kukar – Tahapan pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 sudah dimulai. Kelengkapan kelembagaan pendukung untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu pun sudah di bentuk.

Seperti telah dilantiknya 100 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kutai Kartanegara pekan lalu.

Pun telah terlaksananya seleksi tertulis untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) seperti yang diselenggarakan di gedung SMP Negeri 1 Kenohan yang diikuti oleh 56 peserta tes tertulis dari 9 Desa yang terdiri dari Laki-Laki 38 Orang dan Perempuan 18 Orang se-Kecamatan Kenohan.

Pelaksanaan tes tertulis ini dihadiri oleh unsur KPU Kabupaten, Panwascam dan Wakapolsek Kenohan.

“Tes tertulis tersebut berisi 75 soal yang membahas banyak hal, mulai dari soal kepemiluan hingga Wawasan Nusantara,” kata Arif.

Waktu pelaksaan berlangsung selama 90 menit, dengan adanya perubahan jadwal karena menyesuaikan penggunaan gedung sekolah yang juga dipakai untuk kegiatan belajar mengajar.

“Harusnya jam 14:00 WITA tetapi karena menggunakan sarana gedung SMPN, penyesuaian pun dilakukan sampai jam pembelajaran selesai, jadi waktu pelaksanaan tes. tertulis dimulai pukul 1433 WITA,” bebernya.

Arif melanjutkan dari 56 peserta nantinya akan di ambil enam besar untuk tes wawancara di setiap desanya.

“Jika enam tadi ada nilai yang sama atau seri otomatis bisa lebih dari pada enam orang yang mengikuti tes wawancara,” terangnya.

Dirinya berharap peserta tes benar-benar serius mengerjakannya dan tidak terburu-buru karena waktunya cukup panjang 90 menit.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PPK Kecamatan Kenohan Muhammad Said mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan tes tersebut sejak dua hari yang lalu.

‚ÄúSudah dua hari yang lalu saya beserta anggota PPK berkoordinasi ke pihak sekolah terkait dengan masalah pinjam tempat tes tertulis bahkan bersurat dan Alhamdulillah sudah di kasih pinjam dan sekarang sudah terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar kegiatan tes tertulis tersebut,” kata Said.

Dia menjelaskan untuk peserta yang lulus tes tertulis akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 18-20 Januari 2023 mendatang.

Ditambahkan Indah Khairun Nisa yang membawahi Divisi Partisipasi Pemilih dan Sumber Daya Manusia PPK Kecamatan Kenohan bahwa lokasi tes wawancara sejauh ini telah mereka persiapkan.

“Untuk lokasi tes wawancara sementara ini kami siapkan di sekretariat PPK di Kantor Camat Kenohan (Gedung Tengah Lantai 2 Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” jelas perempuan yang akrab disapa Iin mengakhiri.(*)

  • Bagikan