Wales dan Swiss Berbagi Poin, Italia Kokoh Di Puncak

  • Bagikan
Breel Embolo merayakan golnya usai membobol gawang Wales

BAKU – Posisi Italia di puncak klasemen Grup A Euro 2020 tak tergoyang usai Wales dan Swiss berbagi poin, 1-1. Hasil imbang ini merupakan yang pertama kalinya semenjak keduanya bentrok, baik semua kompetisi maupun pertandingan persahabatan.

Bertanding di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, anak asuh Robb Page kalah jauh dalam penguasaan bola. Tercatat Swiss mendominasi penguasaan bola dengan 65 persen, demikian pula dari jumlah tendangan yang mengarah ke gawang. Swiss membukukan 4 kali tembakan, sementara Wales hanya  2 tembakan.

Jalannya Pertandingan

Seperti prediksi sebelumnya, pertandingan berlangsung seru. Swiss yang cukup pede mengingat hasil sebelum-sebelumnya saat berhadapan dengan Wales tampil penuh percaya diri. Meski demikian, Wales justru nyaris unggul di menit ke lima belas jika bola hasil sundulan kepala Kieffer Moore tidak berhasil diamankan kiper Swiss, Yann Sommer.

Baca Juga :  TURKI vs Wales, Saling Rebut Kemenangan Perdana

Lima menit berselang, Swiss pun berbalik mengancam pertahanan Wales. Sayang, tendangan keras Fabian Schaer belum menemui sasaran. Tak patah semangat, menit dua puluh tujuh, Swiss kembali mengancam. Kali ini melalui penyerang mereka, Haris Seferovic. Namun lagi-lagi masih belum berhasil merubah kedudukan.

Meski Swiss terus berusaha menggedor pertahanan Wales, namun tak kunjung merubah papan skor. Hasil imbang pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Swiss memberikan kejutan. Empat menit setelah kick off, Breel Embolo berhasil menciptakan satu gol untuk Rossocrociati. Sepak pojok yang dieksekusi dengan baik oleh Xerdan Shaqiri mendarat manis di dalam gawang Wales yang dijaga Danny Ward, 1-0 untuk Swiss.

Baca Juga :  Hadapi Italia di Laga Pembuka Euro 2020, Turki Patahkan Rekor ?

Tertinggal satu gol, Gareth Bale dkk berusaha tingkatkan serangan. Meski terus gagal, akhirnya keberuntungan datang juga. Peluang yang didapat oleh Kieffer Moore akhirnya berhasil dikonveksi menjadi gol. Umpan lambung dari Joe Morrell berhasil disundul dengan baik oleh striker Stoke City ini. Skor berubah, 1-1.

Pasca imbang, kedua tim masih coba mencuri gol kemenangan. Swiss sebenarnya mendapatkan satu gol tersebut melalui pemain pengganti, Mario Gavranovic. Sayang, gol tersebut dianulir Wasit. Hasil VAR menunjukkan Gavranovic dinyatakan offside. Skor pun tetap sama, dan bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Baca Juga :  Atletico Madrid Akhiri Perburuan Gelar Juara La Liga

Italia kokoh dengan 3 poin, kemudian Wales dan Swiss dengan 1 poin dan di posisi juru kunci ada Turki dengan 0 poin. Selanjutnya, Italia akan berhadapan dengan Swiss dan Turki menantang Wales.

Susunan pemain :

Wales : 12-Danny Ward; 14-Connor Roberts, 6-Joe Rodon, 4-Ben Davies, 22-Chris Mepham; 16-Joe Morrell, 7-Joe Allen, 10-Aaron Ramsey (Ethan Ampadu 90′); 20-Daniel James (David Brooks 75′), 13-Kiefer Moore, 11-Gareth Bale.

Pelatih :Robert Page

Swiss : 1-Yann Sommer; 4-Nico Elvedi, 22-Fabian Schaer, 5-Manuel Akanji; 2-Kevin Mbabu, 10-Granit Xhaka, 8-Remo Freuler, 13-Ricardo Rodriguez; 23-Xherdan Shaqiri (Denis Zakaria 66′); 7-Breel Embolo, 9-Haris Seferovic (Mario Gavranovic 84′).

Pelatih : Vladimir Petkovic

  • Bagikan