banner 728x90

Tim LPPM USU Kunjungi Lapas soaialisasi atasi Covid 19 dan Deteksi Dini Kanker Serviks

  • Bagikan
banner 728x90

MEDAN – Tim Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU), kembali sumbang 2 buah wastafel sebagai salah satu protokol kesehatan yang sangat penting untuk mencegah penyebaran covid-19 di Lingkungan Lapas.

Kegiatan kali ini sekaligus untuk memberikan edukasi tentang penyakit Kanker Serviks dan cara pencegahannya. Teknik sederhanya untuk mendeteksi kanker sejak dini bisa melui Test Inspeksi Visual Asam Asetat (Test IVA). Kegiatan ini dilaksakan di Lapas Perempuan Kota Medan beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Majelis Dzikir Riyadho Shirothol Mustakim Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah

Dr. Halinda Sari Lubis, M.K.K.K, NIDN didampingi
Dra. Syarifah, MS NIDN mengungkap, bahwa Kanker Serviks termasuk penyakit mematikan di Indonesia dan merupakan penyebab kematian nomor tujuh dengan persentase 5,7 persen dari seluruh penyebab kematian.

Khusus di Sumatera Utara, prevalensi kanker pada penduduk semua umur mengalami peningkatan, pada tahun 2013 sebesar 1 persen. Teknik sederhanya untuk mendeteksi kanker dapat dilakukan dengan Test Inspeksi Visual Asam Asetat (Test IVA). Test IVA sudah dapat dilakukan di Puskesmas, namun di Kota Medan Wanita Usia Subur (WUS) yang melaksanakan test IVA hanya mencapai 30% dari target yang ditetapkan.

Baca Juga :  Mengenal Vaksin Sinovac Made in China China yang Bakal Dipakai di Indonesia

“Test IVA pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) masih sangat rendah. Mereka tidak mengetahui manfaat test tersebut meski mengetahui bahwa kanker serviks adalah kanker yang mematikan, untuk itu dilakukan pemberdayaan WBP mengenai kanker serviks kepada WUS,” Ujar Dokter Halinda

Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap serta tindakan WBP dalam kanker serviks, yang mencakup apa itu kanker serviks dan bagaimana perkembangannya, gejala-gejala, penyebab, cara mendeteksi dan tempat pemeriksaan.

Baca Juga :  Proses Rekrutmen di Lingkup PKT Disoroti, DPRD Minta Ada Regenerasi Tenaga Kerja

Karena sosialisasi ini dilakukan dalam keadaan pandemi Covid 19, maka dilaksanakan melalui metode media video dan pemberian buku saku yang telah dirancang dengan judul Pengenalan Dini Kanker Serviks dengan Test IVA, semoga sosialisasi ini dapat menimbulkan kesadaran kita bersama untuk menjaga dan merawat kesehatan”.Tegas Halinda Lubis (AGP)

  • Bagikan