banner 728x90

Tantangan Dalam Dunia Pendidikan Dimasa Pandemi Covid, Kadisdik Batubara: Harus Sabar Melaksanakan PJJ/BDR

  • Bagikan
banner 728x90

BATUBARA – Tentu menjadi tantangan sendiri bagi dunia pendidikan ditanah air saat ini, selama masa pandemi covid-19. Tak terkecuali bagi Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Yang sampai saat ini, melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh/Belajar Dari Rumah (PJJ/BDR).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Ilyas Sitorus. Saat mengikuti webinar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Paud, Pendidikan Dasar (Diksar) dan Pendidikan Menengah (Dikmen).

” Semasa pandemik Covid-19 ini, suka tidak suka, mau tidak mau PJJ/BDR apakah during, luring maupun kombinasi dari keduanya, merupakan solusi dalam membantu anak-anak kita dalam belajar,” ujar Ilyas Sitorus, Senin (12/10/2020).

Baca Juga :  Sekda Wirya Airahman, Buka Sosialisasi PSU Perumahan dan Kawasan

” Karenanya butuh kesabaran, butuh kemauan yang kuat bagi kita semua termasuk orangtua dalam mendampingi anaknya dalam belajar di rumah,” lanjutnya.

Disampaikan juga oleh Ilyas, bahwa Kabupaten Batubara memastikan peserta didik semasa pandemik tetap mendapatkan pendidikan dan pengajaran baik melalui PJJ/BDR maupun tatap muka.

Selain itu, penyampaian yang disampaikan oleh Dirjen Paud, Dikdasmen bahwa rujukan kita adalah renstra Kemendikbud dalam bidang pendidikan. Dimana dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yang sebagian berbunyi  “Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”.  Itulah yang menjadi titik tolak kita dalam pembangunan bidang pendidikan.

Baca Juga :  Basri : Rumah Kreasi Milenial adalah Solusi Tepat Bagi Generasi Muda Bontang

” Kebersamaan antara Pusat dan Daerah harus terus ditingkatkan bersama, termasuk para stakeholder yang ada kaitannya dalam bidang pendidikan,” urai Jumeri, S.Tp, M.Si.

Pada kesempatan itu juga disampaikan, bahwa tahun depan tidak ada lagi ujian nasional. Karena yang ada Asesmen Nasional, sebagai media untuk survey keberhasilan pendidikan, memperbaiki mutu pendidikan di sekolah. 

” Pelaksanaan Asesmen, dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimal, survey karakter dan lingkungan belajar. Dan itu akan dilaksanakan secara daring,” ujar Jumeri.

Baca Juga :  LIPPSU : Desak Kejatisu Tangkap Pokja 001 Kab. Labura, Paksa Rekanan Pemenang Tender Mundur

Diketahui peserta yang hadir dalam Webinar tersebut. Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen, Jumeri. Direktur Sekolah Dasar Sry Wahyuningsih, Jabatan Fungsional Madya, Muda di lingkungan Direktorat Sekolah Dasar. DPRD Komisi Bidang Pendidikan, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala LPMP,  Kepala Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia serta Kepala UPTD SD dan guru-guru perwakilan se Indonesia yang mengikuti Melalui Live Youtube, direktoratsd.com. (AGP)
Editor : Supri

  • Bagikan