banner 728x90

Tanggul Batu Bara Jebol, Safaruddin Dorong Penyelidikan

  • Bagikan
Lokasi Tambang batu bara PT Putra Perkasa Abadi (PPA) Site Rantaupanjang Utama Bhakti (RUB)
banner 728x90

TANJUNG REDEB – Jebolnya tanggul batu bara PT Putra Perkasa Abadi (PPA) Site Rantaupanjang Utama Bhakti (RUB) pada Minggu (16/05/2021) berdampak besar terhadap warga sekitar.

Kampung Bena Baru, Kecamatan Sambaliung menjadi paling terdampak dengan banyaknya rumah yang terendam serta putusnya akses jalan.

Kejadian tersebut menyita perhatian berbagai pihak, termasuk wakil rakyat di Senayan. Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin mengusulkan agar dilakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut, termasuk menginventarisir penyebab kejadian.

Baca Juga :  Rutan Tanjung Redeb Dapat Apresiasi Kadivpas Kemenkumham Kaltim

Hal ini penting agar nantinya ada kejelasan terkait aktivitas operasi perusahaan tersebut.

“Kepolisian harus melakukan penyelidikan, apakah di dalamnya ada unsur pelanggaran pidana atau tidak,” tegas Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim ini.

Safaruddin menjelaskan bahwa aktivitas tambang tidak menjadi masalah, selagi tidak melanggar ketentuan atau menabrak aturan.

“Makanya, perusahaan tambang itu harus betul-betul memperhatikan lingkungan. Dan yang terpenting adalah melaksanakan amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) yang sudah ada,” tegasnya.

Baca Juga :  Mantan Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kab. Paser Ditetapkan Tersangka Oleh Kejaksaan Negeri Kab. Paser.

Anggota Komisi III DPR RI ini juga mengingatkan bagi pemerintah setempat sigap dalam memastikan keselamatan warganya.

Terlebih, selain merendam rumah warga, akses jalan dari dan menuju Kampung Bena Baru, putus total akibat jebolnya tanggul perusahaan tambang tersebut.

“Selain faktor keselamatan dan kesehatan, aktivitas masyarakat juga menjadi terhambat. Karena tidak bisa melintas. Ini harus menjadi atensi,” pungkasnya Safaruddin. (***/Redaksi)

Baca Juga :  Rutan Tanjung Redeb Dapat Apresiasi Kadivpas Kemenkumham Kaltim
  • Bagikan