Tanggapi Keluhan ASN Soal THR Tak Dibayar Penuh, Mendagri : Syukuri Apa yang Sudah Ada

  • Bagikan
ILUSTRASI

JAKARTA – Petisi bergulir di dunia maya perihal THR Aparatur Sipil Negara (ASN). Petisi tersebut sudah diteken belasan ribu asn. Isinya, meminta Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk penuhi janji terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) secara penuh.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tahun ini pemerintah kembali membayarkan THR seperti tahun lalu.

Baca Juga :  Ada 4 Fakta Menkeu Belum Menyetujui Kenaikan Gaji ASN

Petisi tersebut pun ditanggapi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Dalam tanggapannya, Mantan Kapolri ini meminta agar ASN sebaiknya bersyukur atas kebijakan THR di luar tunjangan kerja saat ini yang tetap dibayarkan meski negara ditengah kontraksi keuangan yang berat.

“ASN di pusat dan daerah harus beryukur,” ungkap Tito dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (04/05/2021).

Baca Juga :  Tvone Beri Penjelasan ILC Tak Tayangkan Lagi, Rizal Ramli Ada Tangan Kekuasaan

Menurut Tito, saat ini kondisi keuangan negara tertekan. Defisit anggaran mencapai 144,2 triliun per Maret 2021. Kondisi ini disebabkan besarnya pengeluaran dalam penanganan pandemi, sementara penerimaan pajak masih tertekan. Dijelaskan bahwa penerimaan pajak per Maret 2021 mengalami penurunan 5,6 persen menjadi Rp 241,6 triliun.

Tito berharap agar ASN memberikan pengertian dan mensyukuri apa yang sudah ada. Apalagi, saat ini ASN tetap mendapatkan gaji ke 13 yang akan dibayarkan pada Juni mendatang.

Baca Juga :  Ucapan Selamat dari Ketua DPD RI Atas Kemenangan Joe Biden

Adapun jumlah alokasi anggaran untuk pembayaran THR ASN mencapai Rp. 30,8. (Redaksi)

  • Bagikan