banner 728x90

Solidaritas Atas Perjuangan Palestina, Belasan Organisasi dan Komunitas Di Kutai Timur Turun Ke Jalan

  • Bagikan
Belasan organisasi dan komunitas di Kutai Timur gelar aksi solidaritas untuk Palestina
banner 728x90

SANGATTA – Aksi solidaritas kemerdekaan Palestina digelar di Kutai Timur, tepatnya Jl. Ilham Maulana, Sangatta Utara. Aksi tersebut dilaksanakan oleh beberapa organisasi dan komunitas di Sangatta, Jumat (21/05/2021) sore.

Dalam aksi tersebut, peserta aksi mengutuk kekerasan di jalur Gaza yang dilakukan oleh militer Israel. Selain itu, mereka juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menerus mengumandangkan dukungan membantu perjuangan Palestina.

Baca Juga :  Tiga Masyarakat Adat Dayak Modang Long Wai Desa Long Bentuq Dijemput Paksa Pihak Kepolisian

Agus Slank, selaku koordinator lapangan menerangjan bahwa aksi solidaritas mereka didasari pandangan historis, baik dari pandangan Islam maupun pandangan sebagai bangsa Indonesia, dari hubungan diplomatik antar negara hingga cita-cita Indonesia yang menghapus penjajahan bangsa atas bangsa serta penghisapan manusia atas manusia.

“Masjid Al Aqsha merupakan kiblat pertama umat muslim. Palestina juga merupakan negara pertama yang mendukung dan menyuarakan kemerdekaan RI pada tahun 1944. Bung Karno juga mengamanatkan bangsa Indonesia untuk ikut menyuarakan kemerdekaan Palestina,” jelas Agus Slank.

Baca Juga :  Rapat Pleno Tingkat Kabupaten di Kutim Rampung. Ardiansyah-Kasmidi Peraih Suara Terbanyak

Sementara itu, Mustafa selaku juru bicara menyampaikan kepada pewarta aksi mereka diikuti 18 elemen organisasi, baik dari mahasiswa bingga komunitas sangatta.

“Masing-masing perwakilan menyampaikan orasi dan pembacaan puisi. Karena suasana pandemi, kami juga batasi jumlah peserta dan wajib menerapkan protokol kesehatan,” terang Mustafa.

Diakhir dirinya menegaskan bahwa mereka akan terus menyuarakan kemerdekaan Palestina agar segera bebas dari kekerasan yang di lakukan oleh Israel kepada Palestina. (Boim)

Baca Juga :  IKBM Kaubun Desakan Dinas PU Kaltim Perbaiki Infrastruktur Jalan di Desa Mereka
  • Bagikan