banner 728x90

Selamat Hari Raya Idul Adha 2020/1441 H

  • Bagikan
banner 728x90

Ucapan Selamat Idul Adha Unik dan Menarik. Idul Adha merupakan salah satu Hari Raya yang biasanya dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dan untuk tahun ini jatuh pada 31 Juli 2020. Sama seperti Hari Raya Idul Fitri, pada kesempatan kali ini biasanya umat Islam akan memberikan ucapan Idul Adha kepada saudara sesama muslim.

Mengenal Hari Raya Idul Adha
Hari Raya Idul Adha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan waktu dimana seluruh umat Muslim wajib merayakannya.

Idul Fitri identik dengan acara saling maaf-memaafkan dan pergi dari satu rumah ke yang lainnya.

Sedangkan Idul Adha biasanya umat muslim akan menyembelih hewan ternak untuk dibagikan kepada fakir miskin dan orang tidak mampu.

Baca Juga :  MUI akan berangkat ke China untuk mengecek kehalalan vaksin covid - 19

Hewan ternak ini tentu ada banyak jenis. Hewan ternak yang biasa disembelih oleh umat muslim ketika Hari Raya Idul Adha misalnya sapi, kambing, unta dan lain sebagainya.

Biasanya proses penyembelihan dilakukan di masjid atau mushala. Dan dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti tata cara memotong hewan menurut ajaran Islam.

Jadi tidak boleh sembarang orang yang melakukan proses penyembelihan hewan kurban.

Perintah Puasa
Selain itu, sama seperti Hari Raya Idul Fitri, jika sebelum waktunya tiba, seluruh umat Islam diperintahkan untuk harus berpuasa. Yakni pada Bulan Suci Ramadhan selama satu bulan.

Baca Juga :  Padang 24 Tenga Kesehatan positif COVID-19

Jika Hari Raya Idul Adha, maka juga ada perintah untuk berpuasa. Tetapi hukumnya sunnah yang dianjurkan yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk puasa Tarwiyah. Adapun puasa sunnah Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Akan tetapi jika menjelang Hari Raya Idul Adha, maka tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa sampai hari Tasyrik. Yaitu tepatnya di tanggal 11, 12 dan terakhir 13 Dzulhijjah.

Selain itu, biasanya umat Islam juga akan membuat ucapan Selamat Hari raya Idul Adha kepada sesama saudara seiman dengan berbagai cara yang unik.

Alasannya adalah agar jaringan silaturahmi antar saudara seiman tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Meminta Bantuan Turki Membantu Pemulihan Ekonomi Nasional terdampak Covid 19

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha
Ada cara yang bisa Anda gunakan untuk memberikan ucapan selamat Idul Adha kepada teman atau saudara yaitu dengan mengirimkan gambar bergerak disertai kata-kata.

Misalnya adalah dengan mengunduh gambar kartun sapi disertai dengan tulisan “Happy Ied Adha”. Atau dengan mengunduh gambar seorang anak laki-laki yang melambaikan tangan di antara dua kambing.

Selain itu, terdapat juga gambar yang bisa diunduh. Misalnya seperti anak perempuan berjilbab di sebelahnya ada seekor kambing dan bagian atasnya terdapat tulisan bergerak Eid Adha Mubarak.

Semua gambar-gambar lucu tersebut bisa dijadikan sebagai kartu ucapan selamat untuk perayaan Hari Raya Idul Adha.

Redaksi

  • Bagikan