banner 728x90

Satlantas Bontang Minta Support Pemkot Untuk Pengadaan ETLE Statis

  • Bagikan
Kantor layanan administrasi Satuan Lantas Polres Bontang, Kalimantan Timur.
banner 728x90

BONTANG – Pemberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tilang elektronik di Bontang masih dilakukan dengan cara menyusuri ruas jalan yang ada di Bontang. Para petugas ETLE Mobile akan patroli di ruas jalan Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL).

Kasat Lantas Polres Bontang AKP Imam Syafi’i mengatakan, untuk Kota Bontang belum memiliki perangkat ETLE Statis.

Namun Pada project pemberlakuan ETLE statis untuk di Kalimantan Timur, Korlantas menunjuk Balikpapan.

“Makanya saat ini di Balikpapan sudah ada infrastruktur penunjang ETLE statis, dan langsung mendapat suport dari Korlantas. Untuk daerah lainnya akan berkoordinasi ke Pemerintah setempat,” kata Imam saat ditemui awak media, Jumat (04/06/2021).

Baca Juga :  Tes Antigen Acak Untuk Lima Pengendara Saat Masuk Ke Bontang

Rencana Satlantas Polres Bontang akan melakukan pengadaan peralatan ETLE statis. Untuk itu pihaknya melakukan koordinasi dan akan meminta support dari Pemerintah Kota Bontang.

“Saat ini masih bersifat mobile, namun kami sudah akan mengajukan pilot project kepada Pemkot, untuk membantu suport peralatan ETLE Statis,” sambungnya.

Diperkirakan tahun 2021 ini pemenuhan ETLE Statis bisa dilakukan dengan estimasi anggaran mencapai 1 miliar. Nantinya
ETLE statis tersebut akan di pasang di sejumlah titik jalan KTL.

Baca Juga :  Narkoba: Ladang Tampang Dan Perang

Jika sudah terpasang maka Petugas hanya akan melakukan pemantauan dari Traffic Managemen Centre (TMC).

“Kameranya akan mendeteksi, alurnya sama saja dengan yang saat ini berlangsung, jika ditemukan pengendara yang tidak taat aturan maka akan di tilang,” ungkapnya.

Untuk ETLE Mobile juga akan tetap berjalan. Karena pelanggaran bukan hanya terjadi di simpang lampu merah saja. Tapi bisa juga terjadi di lokasi yang tidak terjamah oleh kamera yang bersifat permanen.

Baca Juga :  Organisasi Pengusaha Dan Pemuda Di Bontang Minta Pemerintah Beri Langkah Konkret Bagi Pedagang Pasar Citra Mas Loktuan

“Satlantas akan tetap melakukan patroli, pelanggaran bukan hanya terjadi di simpangan, tapi masyarakat yang parkir sembarangan, melewati jalur dengan berlawanan arah, itu kan bentuk pelanggaran yang harus di pantau melalui patroli,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan