Rusunawa Guntung jadi Tempat Isolasi Covid-19, Sediakan 50 Kamar untuk Pasien Gejala Ringan

  • Bagikan
Sejumlah Petugas Melakukan Apel Sore di Depan Rusunawa Guntung (Romi)

BONTANG– Rusunawa Guntung kini mulai beralih fungsi menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Bontang, menyediakan Sebanyak 50 kamar untuk pasien bergejala ringan.

Gedung yang bertingkat 4 itu nantinya akan menggunakan 3 lantai untuk kebutuhan pasien Covid-19 lantai satu untuk kebutuhan observasi pasien, dan tempat perlengkapan tabung oksigen, hingga obat-obatan lainnya. Sementara untuk lantai dua dan tiga akan digunakan sebagai ruangan pasien selama menjalani isolasi.

Dalam proses isolasi, para pasien akan dijaga oleh petugas yang ada. Dinas Kesehatan sendiri, menyediakan 2 dokter dan 4 perawat dalam satu shift. Selain itu, dari instansi lain, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan BPBD, Satpol PP dan TNI/Polri serta elemen pemerintahan lainnya.

“Untuk ambulans disediakan dua unit,” ucap Penanggung Jawab Medis Tempat Isolasi Rusunawa Guntung, Irzal Wijaya, disambangi media ini di lokasi, Selasa (13/07/2021) sore tadi.

Meski hanya untuk gejala ringan, para petugas juga akan melakukan penanganan langsung, jika terdapat pasien yang mengalami penurunan kesehatan secara signifikan. Setelah itu, pihaknya akan mempersiapkan langsung mobilitas menuju ke rumah sakit rujukan.

“Sebenarnya, tempat ini digunakan untuk mengantisipasi kurangnya jumlah bed di rumah sakit. Tapi kalau ada yang butuh penanganan khusus, akan kami rujuk ke sana (rumah sakit) juga,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan jika terdapat masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 dan perlu isolasi mandiri, harus segera melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Nanti dari puskesmas yang akan berkoordinasi ke kami. Jika gejala ringan, nanti ditempatkan di sini,” terangnya.

Irzal juga menyebutkan, untuk penggunaan Rusunawa sebagai tempat isolasi, diperkirakan akan sampai tiga bulan ke depan.

Namun, jika angka kasus melandai, dan pasien yang menjalani isolasi telah dipulangkan secara keseluruhan, pihaknya akan langsung melakukan evaluasi.

“Kalau dalam sebulan ini sudah menurun (kasus), akan dikoordinasikan lagi,” tandasnya.

  • Bagikan