Relawan Tanggap Covid Pada Lingkungan RT, Dandim 0908: Bakal Memudahkan Deteksi Dan Penanganan Virus

  • Bagikan

BONTANG – Menjadi zona merah pada kasus penyebaran covid-19, Bontang mulai tingkatkan pengawasan sampai pada tingkatan lingkungan RT.

Salah satu upayanya, yaitu pembentukan relawan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, yang kemudian disebut sebagai Garda Isolasi Mandiri yang dilaunching di Kelurahan Belimbing RT 30, Sabtu (20/2/2021), oleh Walikota Bontang, Neni Moerniaeni.

Komandan Kodim (Dandim) 0908/Btg yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan pentingnya relawan dan posko ini, bakal memudahkan memutus mata rantai penyebaran virus karena mampu dideteksi secara dini termasuk penanganan terhadap paparan Covid-19.

Baca Juga :  Ratusan Barang Ilegal Dimusnahkan Petugas

“Semisal ada warga yang mungkin baru datang dari luar Kota, sambil menunggu hasil PCR atau Swab. Tentu tempat ini bisa digunakan,” terang Letkol Arh Chairul Huda.

Hal itu dilakukan mengingat tidak ada jaminan bagi warga yang secara assesment dari Dinas Kesehatan (Dinkes) atau petugas untuk dilaksanakan Isolasi Mandiri (Isoman), akan betul-betul menjaga protokol kesehatan saat karantina mandiri.

Baca Juga :  Mangkir, PT. HTT Lepas Tanggung Jawab Atas Nasib 20 Karyawannya

“Tidak ada jaminan kan, kalau ada warga yang diminta isoman, dia akan tetap menjaga jarak, menggunakan masker atau tidak keluar rumah,” lanjutnya.

Diketahui, penunjang kegiatan di posko lingkungan RT, akan didukung oleh Pemerintah Kota Bontang dan stake holder. Baik itu disinfektan, vitamin dan makanan yang bergizi.

“Untuk Logistiknya, PKT juga sudah berkomitmen untuk mendukung Garda Isoman, termasuk seperti hari ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Jawa Inginkan Pemimpin yang Adil dan Merata

Selanjutnya, Dandim 0908/Btg juga komitmen bahwa tim Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas pada tingkat Kelurahan, akan maksimal membantu dalam hal pengamanan garda isoman dalam melaksanakan tugasnya. (Pri)

  • Bagikan