banner 728x90

Rapat Bersama Tito Karnavian, Partisipasi Pemilu Di Bontang Meningkat

  • Bagikan
banner 728x90

BONTANG – Pemkot Bontang langsungkan rapat bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dalam agenda pembahasan refleksi dan monitoring pilkada serentak 2020.

Di agenda yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam tersebut. Banyak memaparkan terkait suksesi pilkada serentak di 270 daerah. Utamanya terkait partisipasi masyarakat, yang menggunakan hak memilih nya pada 9 Desember kemarin.

Wakil Walikota Bontang Basri Rase, mengatakan pelaksanaan pilkada ditahun ini, dinyatakan sukses. Pasalnya, angka golput menurun. Serta target target angka partisipasinya meningkat secara nasional.

Baca Juga :  Surat Tuntutan Solidaritas Jurnalis Bontang Belum Ditanda Tangani, Castro : Patut Dipertanyakan

Meski dalam perhelatan pilkada di tahun ini, harus menemui rintangan sebaran covid-19 yang belum juga kunjung usai.

“Tingkat partisipasi malah makin naik. Penyelenggaraannya juga semakin baik. Bahkan meningkatnya penyebaran corona di pilkada kemarin, juga jauh dari prediksi,” jelas Basri, saat ditemui usai rapat koordinasi, pada Senin (14/12/20).

Partisipasi penduduk dalam pilkada pun meningkat, secara nasional mencapai 77,5 persen. Bontang sendiri partisipasinya mencapai 71,6 persen.

Baca Juga :  KPK Sita 7 Koper dan 3 Ransel Berisi Uang Rp. 14,5 M, Kasus Korupsi Bansos Covid 19

Tentu angka tersebut meningkat, di Bontang di pilkada sebelumnya berada di angka 60 persen partisipasi. Meningkat sebanyak 11,6 persen.

“Selama pilkada di Bontang, tingkat partisipasi tahun ini yang tertinggi,” terangnya.

Keberhasilan ini tentu merupakan campur tangan setiap stakeholder yang memiliki wewenang dalam pilkada. Termasuk di dalamnya, KPU, Bawaslu, Kesbangpol, dan Forkopimda. Yang berkerja keras demi terselenggaranya pilkada.

Baca Juga :  Puluhan Jurnalis Bontang, Kecam Tindakan Represif Terhadap Nurhadi

“Yang turut aktif memberikan informasi terkait pilkada di tahun ini,” lanjut Basri.(*)

  • Bagikan