banner 728x90

Program Perlindungan Sosial Tetap dilanjutkan Tahun Depan

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA – Pemerintah memastikan program perlindungan sosial akan dilanjutkan di tahun depan.

Program yang sudah pasti dilanjutkan, diantaranya bantuan sosial (bansos), Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, ketiga program dalam perlindungan sosial itu akan tetap diteruskan di 2021. Sementara untuk Kartu Prakerja masih menunggu desain yang tepat.

Baca Juga :  Pernyataan Blunder Ahok : Bubarkan Pertamina Jika selama saya menjabat merugi

“Yang jelas seperti bansos, PKH, sembako, akan tetap diteruskan. Sedangkan Kartu Prakerja akan dilihat nanti 2021 desainnya seperti apa kita lanjutkan,” ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Dia merinci program pemulihan ekonomi telah terealisasi sebesar Rp72,5 triliun atau 35,6% terhadap pagunya hingga akhir Juni 2020. Realisasi ini antara lain untuk bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp24,1 triliun. Kartu sembako sebesar Rp20,5 triliun. Kartu prakerja sebesar Rp2,4 triliun. Bansos sembako sebesar Rp1,4 triliun, dan bansos tunai sebesar Rp15,6 triliun.

Baca Juga :  Terdapat 25 Paslon Bakal Melawan Kotak Kosong Pilkada 2020

“Lalu perlindungan sosial berupa Kartu Prakerja dianggarkan sebesar Rp20 triliun, bantuan diskon listrik Rp6,9 triliun, bantuan logistik atau pangan maupun sembako sebesar Rp25 triliun, serta BLT Dana Desa sebesar Rp31,8 triliun,” jelasnya.

Dia menambahkan untuk kepastian program apa saja yang akan dilanjutkan di 2021 akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dan akan disampaikan pada Nota Keuangan yang tahun ini yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2020.

Baca Juga :  Peringati Dies Natalis 67 Tahun GMNI, Ini Pesan Presiden Jokowi

“Sebaiknya nanti dilihat Agustus saja di Nota Keuangan,” jelasnya. (*)

  • Bagikan