banner 728x90

Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke 75 dengan Mengenakan Pakaian Adat NTT

  • Bagikan
banner 728x90

JURNAL JAKARTA – Presiden Joko Widodo, mengenakan baju adat dari Kabupaten Timur Tengah Selatan,  Nusa Tenggara Timur,  saat menjadi Inspektur Upacara  Detik-detik Proklamasi RI di Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/20).

Presiden mamasuki arena upacara dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker berwarna putih terlihat sesuai dengan pakaian adat yang  dikenakan.

Begitu juga dengan Wakil Presiden  Ma’ruf Amin, yang mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia bercorak warna gelap, dengan mengenakan masker gelap, menyesuaikan pakaian adat yang dikenakan.

Semarak HUT RI kali ini tetap dilaksanakan di Istana Merdeka, namun berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan mengedepankan protokol kesehatan dan pencegahan penularan covid 19. Sehingga tamu pejabat negara dan daerah hanya bisa mengikuti upacara secara Virtual saja. 

Baca Juga :  DPP GMNI Soroti Persoalan dan Beri Rekomendasi untuk Peta Jalan Pendidikan Nasional

Sementara untuk upacara penurunan Presiden Joko Widodo dan Wkil Presiden  Ma’ruf Amin mengenakan setelan jas, dan tetap mengenakan masker  berwarna gelap tetap terlihat sesuai seperti stelan jas yang dikenakan.

Bertindak sebagai sebagai komandan upacara peringatan HUT RI ke-75 di Istana Negara kali ini adalah Kolonel Infanteri Muhammad Imam Gogor Agni Aditya. Pria kelahiran Kediri,16 Februari1977 ini merupakan lulusan Akedemi Militer 1998 yang sebelumnya menjabat Waaspers Paspanpres (2018-2019) dan saat ini menjabat sebagai Aspos Paspanpers.

Baca Juga :  VAKSIN SINOVAC. Asrorun: Fatwa Utuh Baru Dikeluarkan Setelah Ada Hasil Dari BPOM

Sedangakan yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Brigadir Jendral TNI Syarifuddin, SE, MM, M. Tr (Han), lahir di Wajo, 3 Agustus 1964, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998. Saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisum Tetap I Jakarta.

Berbeda pada saat  upacara penurunan Bendera, yang Komandan Upacara adalah Kombes Pol. Christ Reinhard Pusung, dan sebagai Perwira Upacara tetap dipimpin Brigadir Jendral TNI Syarifuddin.

Sementara Pasukan Pengibar Bendera baik penaikan maupun penurunan Bendra Sangsaka Merah Putih Putra Puti terbaik dari Sabang sampai Marauke.

Baca Juga :  Jusuf Kalla: Defisit 1000 Triliun, Ini Catatan Sejarah Tertinggi

Mereka adalah, Silvia Kartika Putri  dari Provinsi Sumatera Utara dipercaya sebagai pembawa bendera merah putih.Dua orang lainnya dari tim Merauke adalah Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu  dan yang bertugas sebagi komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan  Muhammad Asri Mualana dari Provinsi Kalimantan Selatan bertgas sebagai penggerek bendera.

Meskipun pelaksanaan upacara HUT RI yang ke-75 ini tidak seperti biasanya, namun suasana hikmat begitu terasa. Semoga Bangsa ini akan semakin jaya dan mampu untuk tegar menghadapi segala cobaan yang dihadapi. (PP)

  • Bagikan