banner 728x90

Presiden Jokowi Pimpin Renungan Suci di TPM Kalibata

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA – Presiden RI, Joko Wibodo (Jokowi) secara langsung  memimpin apel kehormatan  dan tenungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP)  Kalibata Jakarta dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-75, Senin (17/8/20).

Acara renungan suci tersebut berlangsung tepat pada pukul 00,00 WIB, Tadi Malam. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin,  Menteri Sosial Juliari P,  Batubara, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca Juga :  Penentuan Bacalon Yang di Usung PDI-P untuk Kutim, di Umumkan Besok

Turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik,  Hukum dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan  Muhajir Efendi dan Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto.

Renungan suci tersebut diisi dengan pernyataan Presiden RI Joko Wibodo selaku inspektur upacara tentang penghormatan  tertinggi  bagi 10.102 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air.

Baca Juga :  PP IPA Mengutuk Aksi Terror Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Dikutip dari siaran resmi istana, ada sebanyak 9.131 pahlawan yang berasal dari TNI dan Polri, 877 pahlawan  dari  Badan Perjuangan,  51 pahlawan dari tokoh nasonal,  dan 43 pahlawan tidak dikenal di makamkan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan.

“Kami menyatakan hormat  yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan  dan kesucian dan pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kejayaan nusa dan bangsa,” ujar Presiden

Baca Juga :  PAN Sesalkan Tindakan Polri Dengan Memborgol Aktivis KAMI

Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang sitempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa,  semoga arwah para pahlawan  diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan sebaik baiknya.

Pada kesempatan tersebut Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta dan kemudian doa dipandu oleh Menteri Agama Fahrul Razi. (PP)

  • Bagikan