banner 728x90

Peringati May Day, Ketua JMSI Dorong AS Stop Blokade Atas Kuba

  • Bagikan
JMSI Dorong AS Stop Blokade Atas Kuba
banner 728x90

INTERNASIONAL – Dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2021, dorongan untuk penghentian aksi blokade Amerika Serikat (AS) atas Kuba digaungkan. Dorongan tersebut datang dari Wartawan asal Indonesia, Teguh Santosa.

“Dari Indonesia saya mengirimkan pesan kepada rakyat Kuba yang percaya bahwa kelas pekerja adalah elemen penting dalam peradaban dan perdamaian dunia,” ujar Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), dikutip dari kantor berita politik republik merdeka.

Selain meminta negeri Paman Sam untuk mengakhiri blokade ekonomi, perdagangan dan keuangan atas Kuba, dirinya juga menyarankan agar AS mengubah mentalitas dan perspektif dalam hubungan dengan negara-negara lain.

Baca Juga :  Dewan Pers Gelar Verifikasi Faktual JMSI Daerah Tahap II, Pengda JMSI Sumatera Barat Optimis

Selanjutnya dipaparkan pula terkait situasi di masa pandemi ini. Situasi yang disebutnya tidak pernah dialami sebelumnya. Meski demikian, menurutnya situasi ini juga memberikan dampak di sisi lain.

“Situasi ini membuka kesempatan pada manusia untuk meningkatkan kapasitas dan solidaritas,” tambahnya.

Dijelaskan oleh pria yang pernah menjabat sebagai Dewan Kehormatan PWI ini bahwa solidaritas tinggi ditunjukkan oleh Kuba di masa pandemi, baik pemerintah dan juga rakyatnya. Catatan lainnya adalah dalam menghadapi pandemi, Kuba tergolong berhasil memperkuat pondasi politik mereka.

Baca Juga :  Ketua KPK Memastikan Diri Hadir di Pelantikan JMSI Aceh

Selain itu, dirinya juga menyoroti bagaimana arogansi pihak-pihak tertentu dengan menggunakan kekuasaan yang mereka miliki, memaksakan kekuasaan tersebut kepada pihak yang dianggap lemah.

“Karena hal itulah, dalam kesempatan peringatan Hari Buruh Internasional ini, saya bersama rakyat Kuba meminta pemerintah Amerika Serikat menghentikan blokade kepada Kuba,” tegas Teguh.

Mantan Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjadi salah satu dari puluhan pembicara yang hadir dalam Forum internasional yang mengangkat tema “Solidaritas untuk Mengakhiri Blokade Kuba”.

Baca Juga :  Pengurus MES Terbentuk, Ketua Komite IV DPD RI Anggap A-Historis

Forum ini diselenggarakan oleh Instituto Cubano de Amistad con los Pueblos (ICAP) dan Central de Trabajadores de Cuba (CTC), Sabtu pagi waktu Indonesia (01/05/2021) atau Jumat malam waktu Havana, Kuba (30/04/2021). Terlaksana secara hybrid selama dua hari, dimulai pada tanggal 30 April sampai 1 Mei dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day.

Forum ini dibuka secara resmi oleh Presiden ICAP Fernando Gonzalez dan Sekjen CTC Ulises Guilarte de Nacimiento. (***/Redaksi)

  • Bagikan