banner 728x90

Pangkal Masalah Banjir Loktuan, Akibat Sedimen Menyumbat Drainase

  • Bagikan
banner 728x90

BONTANG – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait muncul titik genangan air meluap ke jalan, yang ada di Kelurahan Lok Tuan, Bontang Utara. Pagi tadi, Senin (19)/10/2020), menjadi agenda sida Komisi III DPRD Bontang.

Hasilnya, terdapat 5 RT yang menjadi sorotan. Mulai dari RT 22, 26, 28, 40, sampai RT 42.

Menanggapi hasil sidak kali ini, Ketua Komisi III, Amir Tosina menerangkan. Penyebab genangan air pun relatif sama. Yaitu, pendangkalan, hingga penyumbatan Drainase.

Baca Juga :  Saham Danone Ambruk, Seruan Boikot ternyata berpengaruh

“Pasir yang terbawa air, itu yang membuat drainase jadi dangkal, selain itu juga ada sampah-sampah yang menyumbat,” jelas Amir Tosina.

Tak hanya itu, menurutnya genangan air pun bukan hanya berasal dari hujan deras yang belakangan kerap turun. Akan tetapi juga, faktor air laut pasang, sehingga air tak bisa mengalir lagi kelaut, karena saluran yang Buntu.

Baca Juga :  Target Rampung 2021, Pemkot Bontang Tawarkan 8 Draft Kelurahan Baru untuk Pemekaran

“Kalau salurannya bagus, air bisa mengalir lagi ke laut,” lanjut Amir.

Selain itu, lanjut dia, salah satu perusahaan yang menimbun lahan, di kawasan itu, juga menjadi salah satu penyebab Banjir. Pasalnya, saluran air laut juga harusnya bisa keluar dari lahan yang ditimbun tersebut.

“Kami akan panggil pihak perusahaan itu, untuk berkoordinasi soal masalah ini (Banjir),” terangnya.

Baca Juga :  Agus Haris Soroti Sektor Air Bersih dan Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pesisir

Dikonfirmasi terkait itu, Lurah Lok Tuan Muhammad Takwin mengatakan, pihaknya telah berulang kali memasukkan program perbaikan drainase tersebut, kedalam musrenbang. Namun, hingga kini belum terealisasi.

Melalui sidak tersebut, pihaknya berharap ada kepastian perbaikan drainase tersebut. Hal itu untuk kenyamanan masyarakat Lok Tuan, agar tak lagi mendapatkan masalah soal banjir.

“Semoga lewat sidak ini, ada kejelasan terkait ini,” tandasnya. (AF)
Editor : Supri

  • Bagikan