banner 728x90

Organisasi Pengusaha Dan Pemuda Di Bontang Minta Pemerintah Beri Langkah Konkret Bagi Pedagang Pasar Citra Mas Loktuan

  • Bagikan
banner 728x90

BONTANG– Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Bontang, mendorong agar pemerintah segera mengambil langkah konkret bagi pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan Beberapa waktu lalu.

Ketua umum BPC HIPMI Bontang, Amriadi, menyoroti dinas terkait yang dinilai lamban menanggapi peristiwa itu. Misalnya untuk pendataan, Amri mengatakan harusnya dinas terkait sudah memiliki database para pedagang pasar.

“Mustinya punya database. Begitu kebakaran, data itu yang dipakai. Jadi enggak perlu lagi menunggu pendataan manual,” urainya, dihubungi Jurnaltoday, Sabtu (13/2/2021).

Tidak hanya itu, Amriadi meminta agar pemerintah segera mendirikan tenda-tenda darurat untuk para pedagang. Gunanya, pedagang bisa menggunakan itu sebagai tempat berdagang sementara.

Baca Juga :  Wali Kota Bontang Lantik Forum Pemuda Disabilitas Kreatif

Menurut Amri, para pedagang tentu tidak bisa langsung menempati Pasar yang baru dibangun. Karena kondisi pasar baru yang juga belum rampung seluruhnya.

“Sekarang mereka (pedagang) akhirnya harus berjualan di pelataran masjid. Kan kasian, mereka kepanasan,” tutur Amri yang juga merupakan Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bontang.

Pihaknya sendiri telah melakukan upaya pasti untuk membantu para pedagang. Bersama pengurus dan simpatisan organisasi pemuda, diantaranya IPLB dan PAC Pemuda Pancasila Bontang Utara mengangkat sisa puing seperti kayu, besi seng, batu dan pasir yang masih berserakan.

Baca Juga :  Untuk Pelaksanaan Salat Idulfitri di Tengah Pandemi, Takmir Masjid Diminta Melapor

Usai di bersihkan, kayu, seng dan besi langsung diangkut ke atas mobil sampah, sementara sebagian material batu dan pasir di kumpulkan pada satu tempat kemudian diangkut terpisah untuk di buang.

Aksi membersihkan lokasi pasar yang dibangun sejak tahun 1990an tersebut terdorong atas keprihatinan mendalam melihat pedagang yang terdampak musibah kebakaran.

“Ini bentuk keprihatinan kami melihat kios yang terbakar dimana perekonomian keluarga mereka bergantung kepada hasil dagangan disini,” ujarnya.

Baca Juga :  Bontang Harus Fokus Ekowisata

Senada dengan Amriadi, Ketua PAC PP Bontang Utara sekaligus salah satu pengurus HIPMI Bontang, Abdul Ilman Hakim yang akrab disapa Aco Pion berharap pedagang yang terdampak kebakaran segera mendapat tempat berdagang layak.

Ia meminta pedagang yang kini berdagang di tepi jalan dan parkir dapat dilakukan pendataan agar memudahkan dalam penanganan mitigasi resiko munculnya data pedagang yang bertambah.

“Sampai kapan mesti seperti ini, kasian mereka kehujanan dan kepanasan, dagangan bisa lebih cepat rusak dan pastinya merugi,” harap Aco Pion. (Mi)

  • Bagikan