Optimalisasi Program Vaksinasi, Dinkes Bontang Buka Pendaftaran Vaksin Jalur Online

  • Bagikan
Vaksinisasi di Gedung Koperasi PKT.

BONTANG – Optimalisasi program Vaksinasi di Bontang. Dinas Kesehatan kini membuka pendaftaran vaksin secara online.

Untuk tahap II sasaran vaksin diberikan ke kelompok lansia, guru, pedagang pasar, takmir masjid, tokoh masyarakat, kelompok UMKM, perangkat RT, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) serta masyarakat yang belum mendapat vaksin suntikan ke 2.

Nantinya setiap calon pendaftar yang masuk kategori kelompok penerima vaksin tahap II dipersilahkan untuk mengisi data pada link http://bit.lyAyokwargabontangdaftarvaksinCOVID-19

Juru bicara Tim Satgas Covid-19 Bontang, Adi Permana menjelaskan, jika pendaftaran online ini jauh lebih efektif. Terbukti, pelaksanaan vaksin yang terpusat di Gedung Koperasi Pupuk Kaltim membludak.

“Iya antrean di sana (Kopkar PKT) membludak, diluar ekspektasi. Karena sudah isi form online, jelas itu pasti datang,” kata Adi saat ditemui awak media, Selasa (15/06/2021).

Sementara sebelumnya melalui undangan, hanya 50 persen peserta yang datang dari seluruh jumlah undangan.

“Kadang kalau diundang 1.500 orang, yang datang cuman 700. Bahkan sampai 300 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, kejadian itu akan membuang energi dan waktu. Belum lagi, akibat kurangnya partisipasi yang datang bisa mengurangi kualitas vaksin.

Sebab jika dikeluarkan namun tidak digunakan maka akan mempengaruhi kualitas vaksin.

“Kalau yang datang tidak sesuai kan mubazir. Vaksin sudah dikeluarkan, tapi yang datang sedikit, vaksin itu kalau keluar masuk akan mengurangi kualitasnya,” katanya

Beda halnya yang daftar online, setidaknya yang sudah mendaftar online, dipastikan akan datang dan mau untuk divaksin. Sehingga, persediaan vaksin dan operasional tidak terbuang sia-sia.

“Yang jelas masyarakat yang mau vaksin yah pasti kita layani,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan