banner 728x90

Nakes Prioritas Kelompok Yang Dapat Jatah Vaksin

  • Bagikan
banner 728x90

BONTANG – Vaksin sinovac asal China sudah tiba di Kaltim hari ini (5/1/21) di Bandara Sepinggan Balikpapan. Rencananya, vaksin tersebut akan di distribusikan ke 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur

Dari total 25.520 Vaksin, Bontang mendapatkan jatah sebanyak 1600.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Bahaudin katakan yang menjadi terget pemberian vaksin adalah tenaga medis yang ada di Bontang.

“Sudah di provinsi vaksinya, nanti akan distribusikan. Sementara semua vaksin itu untuk pejuang garda terdepan kita yaitu Nakes,” terangnya saat di konfirmasi, Selasa (05/1/21) siang.

Baca Juga :  Tidak Digunakan, Alat Kesehatan Untuk Almarhum Adi Darma Dihibahkan Ke RSUD Bontang

Dibeberkan Bahauddin, setiap Nakes nantinya dijatah dua suntikan vaksin. Sebenarnya, data keseluruhan Nakes di Bontang 1.167 orang. Sementara nanti yang akan di vaksin hanya 800 orang.

“Instruksinya begitu, nakes ini paling rentan terpapar, sekaligus meyakinkan masyarakat juga, jika vaksin ini aman, makanya prioritas utama adalah nakes,” ujarnya.

Selanjutnya, dijelaskan Bahauddin, pelaksanaan vaksinasi perlu menunggu terbitnya izin edar darurat vaksin.

Baca Juga :  Sekitar 500 Kios Pasar Citra Mas Loktuan Hangus di Lalap si Jago Merah

Penjelasan itu telah tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020, tentang Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Vaksinasi baru dapat dilaksanakan jika vaksin telah mendapatkan izin penggunaan emergency use authorization dari Badan POM,” terangnya.

Saat ini, BPOM masih menyelesaikan analisis terhadap data uji klinis fase 3 vaksin Sinovac. Proses ini diperlukan untuk menerbitkan izin edar darurat vaksin.

Baca Juga :  Trend penjualan Second Hand di Bontang Meningkat

Ditambahkan Bahauddin, vaksin Covid-19 ditahap berikutnya juga nanti akan diperuntukkan bagi TNI dan Polri.

“Kuota untuk Kaltim ini kan terbatas juga, dan harus dibagikan ke 10 kabupaten/kota,” pungkasnya.(PNM)

  • Bagikan