banner 728x90

Muhammadiyah Berniat Tarik Dana dari Bank Syariah BUMN, Total Simpanan Capai Puluhan Triliyun

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA – Pengurus Pusat Muhammadiyah berniat dan mempertimbangkan untuk menarik dana simpanannya di tiga Bank Syariah BUMN. Yakni, BNI Syariah, Mandiri Syariah dan BRI Syariah. Seperti kita ketahui bersama bahwa ketiga Bank plat merah tersebut sudah melebur menjadi PT. Bank Syariah Indonesia.

Ketua Bidang Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengungkapkan bahwa sedang mengkaji opsi menarik dana dari ketiga Bank plat merah tersebut. Hal ini disebabkan ketiga bank tersebut kini sudah punya kapitalisasi pasar yang lebih besar, dengan demikian akan lebih baik dana yang dimiliki Muhammadiyah dialihkan ke bank syariah yang lainnya. Ungkapnya kepada Jurnaltoday.id, Rabu (16/12/20).

Baca Juga :  BNPT, LPOI dan LPOK Bentuk Gugus Tugas Pemuka Agama, Al Washliyah siap Berperan

Mengenai jumlah dana yang ditabung di tiga bank syariah tersebut, Anwar Abbas mengugkapkan belum mengetahui jumlah pastinya. Sebab, memang belum dihitung. Tim baru mengkajinya ketiga bank tersebut. Merger akan berjalan tanggal 1 Februari 2021 nanti.

“Ya hingga saat ini PP Muhammadiyah belum bisa memastikan berapa total simpanan organisasi ini. Masih melakukan hitungan secara detail dana yang terbagi atas tabungan, giro, dan deposito di tiga bank syariah milik negara tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kota Selesai, Penetapan Basri-Najirah Tunggu Masa Gugatan Selesai

Sebagai pertimbangan, pada tahun 2013 kemarin PP Muhammadiyah telah melaporkan dana yang tersimpan di ketiga bank syariah mencapai 20 Terliun rupiah dan itu belum dihitung semua unit usaha yang dimiliki PP Muhammadiyah. Ungkap Anwar Abbas.(*)

  • Bagikan