banner 728x90

Menelusuri Hubungan Diego Maradona dan Leonel Messi

  • Bagikan
banner 728x90

“Ada yang meyakini bahwa Messi merupakan titisan Maradona. Keyakinan itu menjadi jadi saat Leonel Messi memperkuat Barcelona di ajang La Liga tahun 2007 lalu”

JURNAL OLAHRAGA – Sosok bintang Barcelona, Lionel Messi, dengan mendiang Diego Maradona tidak bisa dilepaskan begitu saja. Apalagi keduanya sama-sama berasal dari Argentina.

Beberapa orang meyakini bahwa Messi merupakan titisan Maradona, walaupun sebelum bersinar dirinya belum pernah mendapatkan arahan langsung darinya. Tetapi, gaya bermain keduanya memang hampir menyerupai satu sama lain.

Keyakinan publik semakin menjadi-jadi saat Lionel Messi memperkuat Barcelona di ajang La Liga tahun 2007 lalu. Saat itu, ia melewati lima orang pemain Getafe termasuk kiper sebelum menceploskan bola ke gawang.

Baca Juga :  UU Cipta Kerja di Tanda Tangani Presiden, Buruh Aksi 2 November

Aksinya sangat mirip dengan apa yang dilakukan Maradona kala memperkuat Timnas Argentina pada tahun 1986 lalu. Melawan Inggris di babak perempat final Piala Dunia, ia melewati lima pemain sebelum mencetak gol.

Hubungan Messi dan Maradona
Hubungan keduanya pun terbilang cukup dekat. Sejak kecil, Messi selalu menyaksikan aksi Maradona. “Leo tumbuh dengan menonton video Maradona. Kami memberikan itu kepada dia,” ujar sang ayah, Jorge Messi, kepada Diario Sport.

Ada yang berpendapat bahwa Leonel Messi adalah tetesan dari Diego Maradona . Jika Maradona sudah mempersembahkan juara piala dunia ke negaranya, namun Messi baru bisa mempersembahkan medali emas ke negaranya Argentina.

Pada tahun 2008 hingga 2010, Maradona dan Messi berada dalam satu tim yang sama yakni Timnas Argentina. Namun, hubungan antar keduanya tidak berakhir saat Argentina memecat sang legenda.

Baca Juga :  Bontang Harus Fokus Ekowisata

Maradona nampaknya cukup sering mengikuti perkembangan karir Messi. Selain melontarkan pujian, tidak jarang juga ia mengkritik aksi pria berusia 33 tahun tersebut.

“Tanpa mengurangi rasa hormat buat Leo, saya tidak ingin berkata bahwa dia lebih baik atau saya lebih baik. Anda harus membiarkan dia sendiri. Saya sangat menyukai dia dan juga menikmati saat dia berada di lapangan, namun dia tidak memiliki kepribadian untuk menjadi seorang pemimpin,” ucap Maradona suatu ketika soal Messi.

Kata-kata Maradona yang Sakral
Messi pun sadar bahwa Maradona merupakan figur yang lebih besar dari siapapun dalam jagat sepak bola Argentina, bahkan melebihi dirinya sendiri. Apalagi, kontribusinya buat Timnas belum bisa dibandingkan dengan sang legenda.

Baca Juga :  Tim Advokasi untuk Demokrasi Kaltim. Bernard: Termohon Berupaya Menggugurkan Upaya Hukum Pra Peradilan

“Kami tahu betapa berartinya dia bagi Argentina. Dia mendukung kami secara fundamental, sebab orang-orang akan mendengar apa yang ia katakan dan kehadirannya di dalam tim itu bagus. Apa yang ia katakan hampir sakral,” tutur Messi saat Maradona menukangi Timnas Argentina.

Messi dan Maradona juga pernah sama-sama memperkuat Barcelona, tentu dalam periode yang berbeda. Seperti yang diketahui, Maradona pernah memperkuat klub berjuluk Blaugrana tersebut pada tahun 1982 hingga 1984. Sementara Messi menghabiskan sebagian besar karirnya di Camp Nou.

Sayangnya, Messi belum pernah mempersembahkan trofi apapun kepada Argentina kecuali medali emas dalam ajang Olimpiade tahun 2008 lalu. Sementara Maradona pernah menyumbang gelar juara Piala Dunia tahun 1986.

(Football Espana)

  • Bagikan