banner 728x90

Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan Segera Terima Bantuan Sosial

  • Bagikan
Aji Erlynawati Sekda Bontang
banner 728x90

BONTANG – Titik terang mulai terlihat dengan akan turunnya bantuan sosial yang akan diberikan Pemerintah Kota Bontang kepada korban kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan.

Setelah melewati perdebatan yang cukup panjang, akhirnya diketahui alasan stimulan ini lambat terealisasi karena pemerintah masih merumuskan secara detail apa-apa saja yang dibutuhkan sebelum mengucurkan bantuan sosial.

Sekertaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati mengatakan, berdasarkan hasil dari rapat koordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan (BPK), kucuran bantuan sosial terhadap korban kebakaran dipastikan bisa disalurkan.

“Memang sampai saat ini masih tahap pembahasan terkait bantuan masuk dalam kategori apa. Yang jelas pasti ada. Tetapi kita perlu hati-hati biar tidak jadi temuan,” Kata Aji Erlynawati, saat ditemui awak media di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Rabu (02/06/2021).

Baca Juga :  Siap-siap Hari Ini Beberapa Kawasan Tak Dapat Distribusi Air, Ini Penjelasan Perumdam Tirta Taman

Diketahui alokasi anggaran dana pada usulan pergeseran senilai 29 miliar.

Secara akumulasi bantuan tersebut akan menyalurkan anggaran sebesar 29 miliar.

“Alokasi jumlah tersebut juga akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seperti pembangunan WTP air bersih, rencana penanggulangan banjir, dan beberapa usulan pembangunan lainnya. Termasuk dana bantuan sosial bagi korban kebakaran,” sambungnya.

Baca Juga :  Fasus-Fasos Perum BTN PKT Masih Tarik-Ulur, DPRD Nilai Pemkot Lamban Mengeksekusi

Namun jumlah dari nominal khusus penyaluran bantuan ini masih perlu dihitung kembali. Karena harus disesuaikan dengan total jumlah para pedagang yang memang kehilangan lapaknya akibat kebakaran.

“Cuma masih perlu perhitungan ulang soal jumlah dananya. Karena akan diatur sesuai kerugian dari korban,” ungkapnya.

“Karena ini sudah masuk usulan kita. Badan hukumnya juga sudah diurus. Jadi tergantung persetujuan Dewan lagi,” terang Aji.

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Basri Rase mengatakan alokasi bantuan dana untuk para korban kebakaran saat ini sedang tahap pembahasan.

Baca Juga :  Bontang, punya tambahan 2 kasus Covid-19

“Anggota saat ini sedang membahas, prosesnya lama karena mengalami perdebatan panjang, namun sudah ada titik terang menyetujui usulan bantuan bagi korban kebakaran,” kata Basri.

Selanjutnya pihaknya mengatakan, untuk besaran nominal dana bantuan bagi korban kebakaran sesuai usulan dari Wali Kota sebelumnya.

“Iya kita setuju aja, asal tidak jadi temuan. Kalau besaran mungkin sesuai usulan Wali Kota sebelumnya. 3-5 juta tergantung kekuatan anggaranya,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan