Kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan, Akibat Kebocoran Arus Listrik

  • Bagikan
Konfrensi Pers Polres Bontang, Terkait Kebakaran, Pasar Citra Mas Lok Tuan (Rifki)

BONTANG – Penyebab kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan yang terjadi (10/2/2021) lalu, menemui titik terang. Dari hasil penyelidikan tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor), dapat dipastikan penyebab kebakaran, dikarenakan kebocoran arus listrik.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo dalam konferensi persnya menyampaikan, temuan titik awal api berdasarkan olah TKP dan hasil tim Labfor ialah karena kebocoran arus listrik yang terjadi di salah satu lapak.

Kapolres mengungkapkan, di lokasi kebakaran, terdapat kabel power lampu yang langsung tersambung di aliran listrik tanpa menggunakan sakelar.

Baca Juga :  Deklarasi Pemenangan Adibas, Tokoh Berbas Pantai Yakin Menang Mutlak

“Akhirnya ketika percikan api mengenai bahan sekitar yang mudah terbakar, seperti plastik, kertas dan kayu,” ungkapnya dalam Konfrensi Pers, di Mako Polres Bontang Jumat (16/4/2021).

Selain itu, berdasarkan hasil labfor, titik awal api berada di salah satu kios yang berada di blok BB. Petugas menduga, terdapat lampu 8 watt yang dibiarkan menyala selama 24 jam.  Sehingga kabel, yang digunakan untuk arus lampu,  hangus dan rusak. Akibatnya arus pendek menimbulkan percikan api.

Baca Juga :  Ini Nominal Zakat Fitrah dan Zakat Maal di Bulan Ramadan 1442 H, Menurut Kemenag Bontang

Setelah diperiksa menggunakan instrumen yang ilmiah, yaitu  Gas Cromatography and Mass Spectroscopy (GCMS) dalam lapak yang diduga titik awal api Hasilnya tidak ditemukan bahan kimia yang mudah terbakar.

“Hasilnya tidak ditemukan bahan yang mudah terbakar seperti bahan kimia, namun yang ada hanyalah, kabel lampu rusak parah putus dan meleleh, menunjukan bekas terjadi kebocoran listrik,” sambungnya.

Baca Juga :  Ditutup Cukup Lama, Dishub Klaim Tak Ada Kerugian Signifikan di Pelabuhan Lok Tuan

Dalam pemeriksaan itu, pihaknya juga tidak meninggalkan unsur keterangan dari 23 saksi yang sudah memberi keterangan.

“Hasil ini dilakukan secara objektif, berdasarkan dari keterangan saksi dan olah TKP, Menurunkan tim yang memiliki kapabilitas dan kompetensi,” ungkapnya.

Pihak Polres juga akan segera melakukan gelar perkara sebagai lanjutan penyelidikan terkait Kasus kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan.

“Nanti akan di beritahu kapan waktu gelar perkaranya, yang jelas saat ini sedang dimaksimalkan secepatnya,” tutupnya. (Qy)

  • Bagikan