banner 728x90

Kapolsek Ponre Polres Bone Pantau Langsung Tanah Longsor Di Wilayahnya

  • Bagikan
Kapolsek Ponre Polres Bone pantau langsung tanah longsor di daerahnya
banner 728x90

BONE – Bencana tanah longsor di Jl. Poros Dusun Palacari, Desa Salebba, Kecamatan Ponre dan Dusun Desa Mappesangka Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Selasa (28/05/2021) segera mendapat respon pemangku kebijakan setempat.

Kapolsek Ponre Polres Bone, AKP Samanhudi bersama rombongan melakukan pengecekan serta pemantauan langsung Lokasi Bencana Alam Tanah Longsor.

Dalam pantauannya, AKP. Samanhudi menjelaskan bahwa tanah longsor tersebut menutupi bahu jalan yang menghubungkan Desa Salebba dan Desa Mappesangka.

“Titik Lokasi Bencana Tanah Longsor  ada tiga titik, yakni Dusun Palacari Desa Salebba ada 2 lokasi dan Dusun Tellang Desa Mappesangka ada 1 lokasi,” kata AKP Samanhudi.

Baca Juga :  MALAM PERGANTIAN TAHUN. Tim Gabungan TNI/Polri Gelar Operasi Lilin 2020 Untuk Menghindari Kerumunan

Kemudian akibat tanah longsor yang terjadi di daerah pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 550 DPL ini, sebagian ruas jalan tertutup.  Akibatnya, tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Saat dikonfirmasi mengenai penyebab longsor, AKP Samanhudi menerangkan bahwa longsor yang terjadi karena curah hujan yang tinggi mengakibatkan derasnya aliran air dari gunung tidak dapat ditampung.

“Derasnya aliran air menimbulkan tanah longsor pada bagian bahu jalan. Keadaan jalan tertutup material longsor dengan tinggi kurang lebih 1 meter,” jelasnya

Baca Juga :  Petugas Perketat Penjagaan Pasca Larangan Mudik, Antisipasi Penumpang Tanpa Rapid Test

AKP Samanhudi bersyukur bahwa kejadian tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban. Dirinya juga berterima kasih atas respon cepat dari BPBD yang membantu mengangkat atau membersihkan longsoran tanah dan kayu yang menutupi jalan hingga sudah bisa dilalui.

Dirinya menjelaskan bahwa apa yang dilakukannya bersama pemerintah dalam hal ini dari Kecamatan serta BPBD Kabupaten Bone ini merupakan salah satu bentuk respon dan tanggapnya terhadap bencana, khususnya di wilayah Ponre, Bone.

Baca Juga :  Muktamar IX PPP, Terpilihnya Suharso dan Pecahkan Rekor Muri.

Turut hadir bersama Kapolsek Ponre Polres Bone saat meninjau lokasi, antara lain Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bone, DRAY VEBRIANTO,S.I.P.,M.Si. bersama anggota Tim BPBD Kabupateb Bone. Camat Ponre Drs.A.ACHMAD SYARIF, Kepala Desa Salebba MUNSIR HAMMID, Kanit Intelkam Polsek Ponre AIPDA A.ADHA PERMANA,S.H.  serta Bhabinkamtibmas Desa Salebba BRIPKA A.IKBAL ROSANI, Babinsa Desa Salebba SERDA ALWI, Para tomas,toda dan warga setempat berkisar 20 Orang.


Penulis : Andi Burhanuddin

  • Bagikan