banner 728x90

Jelang Musda KNPI, Bacalon Baru Satu Orang Mendaftar

  • Bagikan
banner 728x90

SAMARINDA – Dewan Pimpinan Daerah I (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Timur akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Ke-XIV, Sabtu (23/01/21).

Hingga saat ini, kepanitiaan yang sudah terbentuk tengah mempersiapkan tahapan-tahapan pelaksanaan Musda, termasuk pembukaan pendaftaran calon ketua DPD KNPI Kaltim.

Sejauh ini panitia musda baru kedatangan satu pendaftar bakal calon (balon), yakni Arif Rahman Hakim.

Namun dapat dipastikan sejauh ini situasi masih berlangsung dinamis. Seperti yang disampaikan oleh Dody Prabowo, Wakabid Organisasi DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kaltim.

Baca Juga :  Pemuda dan Mahasiswa Manggarai Samarinda Syukuran Tahun Baru Bersama

“Situasi masih dinamis. Sejauh ini kami (GMNI-red) juga mengupayakan agar unsur golongan pemuda, semua OKP bisa terakomodir,” ucapnya.

Mantan Ketua DPC GMNI Kota Samarinda ini juga membeberkan bahwa pihaknya terus melakukan konsolidasi menuju Musda.

Dirinya menegaskan bahwa saat ini GMNI bersama OKP-OKP lainnya tengah mempersiapkan kejutan untuk agenda musda kali ini.

Dody Prabowo, Wakabid Organisasi DPD GMNI Kaltim.

“Kami sudah berkonsolidasi dengan organisasi seazas serta beberapa OKP lainnya agar Musda nantinya lebih berdinamika,” pungkasnya

Saat ditanya mengenai kemungkinan munculnya nama baru yang akan turut bertarung dalam bursa calon ketua KNPI, dirinya tidak menjelaskan.

Baca Juga :  Andi Harun dan Rusmadi Sah Jadi Pemenang Pilkada Samarinda, HMI Samarinda Sampaikan Harapan

“Dilihat saja nanti, yang jelas DPD GMNI Kaltim akan ikut berkompetisi,” tutupnya.

Sebelumnya, panitia musda menjelaskan syarat pendaftaran bakal calon (balon) ketua, yakni memiliki pendidikan minimal S1, umur maksimal 40 tahun, mendapatkan dukungan dari 3 DPD Kab/Kota dan 6 OKP Nasional yang memiliki pengurus tingkat Provinsi serta kabupaten dan kota.

Selanjutnya, balon menjadi pengurus KNPI Kaltim tidak lebih dari 2 periode. Selanjutnya wajib melampirkan bukti pernah menjadi pengurus aktif di DPD KNPI Kabupaten/Kota.

Baca Juga :  Tim Advokasi untuk Demokrasi Kaltim. Bernard: Termohon Berupaya Menggugurkan Upaya Hukum Pra Peradilan

Terakhir, panitia juga mewajibkan balon ketua yang mendaftar untuk membayar biaya kontribusi, Rp 35 juta. Panitia menjelaskan bahwa biaya kontribusi tersebut akan disimpan sebagai kas untuk kepengurusan mendatang.

Agenda Musda KNPI Kaltim ke XIV ini rencananya akan digelar di Hotel Aston, Samarinda.

Sebanyak 74 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang terdaftar serta 10 DPD II KNPI Kabupaten/Kota akan turut serta dalam agenda ini. (Red)

  • Bagikan