banner 728x90

Garda Isoman Akan di Launching Besok, Dilakukan Simbolis di Kelurahan Belimbing, Bontang Barat

  • Bagikan
banner 728x90

BONTANG – Pembentukan Relawan Gerakan Pendampingan Isolasi Mandiri (Garda Isoman) rencananya akan di lauching di Kelurahan Belimbing, Sabtu (20/2/2021) besok. Dandim 0908 Bontang Letkol Arh Choirul Huda mengatakan, pembentukan relawan itu juga berdasarkan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) tentang PPKM Mikro.

Instruksi itu membahas tentang pembuatan posko penanganan Covid-19, sampai tataran Desa/Kelurahan, hingga lingkup Rukun Tetangga (RT).

“Penerapan PPKM Mikro di Bontang karena penyebaran Virusnya sudah cukup tinggi, sudah masuk transmisi lokal penularanya cukup besar dari keluarga antar keluarga”. Kata Letkol Arh Chairul Huda saat di temui usai meninjau lokasi Launching Garda Isoman untuk setiap kelurahan, Sabtu (19/2/2021)

Baca Juga :  Pelabuhan Loktuan Buka, Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Chairul Huda melanjutkan, Sebenarnya kebijakan itu diperuntukkan bagi enam provinsi di Jawa dan Bali. Namun program tersebut tentunya juga bisa dilaksanakan di provinsi lain, sesuai kebutuhan dalam menekan penyebaran Covid 19. Ia menjelaskan, nantinya masyarakat yang melaksanakan karantina mandiri, akan diawasi oleh relawan Garda Isoman ini. Setiap perkembangan kondisi akan di informasikan kepada tim gugus tugas COVID-19 Kota Bontang, untuk kebutuhan perawatan.

Baca Juga :  Naik Terus, Ini Harga Daging Sapi di Pasar Lok Tuan

“Tim Relawan Garda Isoman ini terus mengupdate masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, ketika ada keluhan atau masa inkubasi sudah 14 hari segera melaporkan pada tim Gugus tugas Covid 19 Kota Bontang agar bisa terpantau secara menyeluruh,” sambungnya

Lebih lanjut, ia mengatakan launching besok, akan dipimpin langsung oleh Walikota Bontang. Setelah kegiatan itu, pemko juga akan membentuk posko Siaga di Setiap kelurahan, yang nantinya akan diketuai oleh masing-masing Lurah. Dalam tugasnya itu, Lurah akan dibantu oleh aparatur lainya seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Baca Juga :  GMNI dan Sapma PP Bontang Gelar Diskusi, Pancasila Sebagai Jalan Menuju Masyarakat Adil dan Makmur

“Kegiatan besok akan diresmikan oleh bu Walikota, selain itu besok juga ada kegiatan pengukuhan secara seremonial relawan Gerakan Pendampingan Isolasi Mandiri (Garda Isoman) yang sudah terbentuk di lima kelurahan,” tutupnya. (Qy)

  • Bagikan