banner 728x90

DPRD Bontang, Dorong Dinas Pasar dan Perusahaan Segera Realisasikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Lok Tuan

  • Bagikan
Ketua DPRD Bontang, Andi Faisal Sofyan Hasdam (008/Jurnal Today)
banner 728x90

BONTANG – Pedagang pasar Citra Mas Lok Tuan, mengambil inisiatif untuk membangun lapak jualan secara mandiri. Padahal sebelumnya, saat lakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP), pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang sudah mendorong semua stakeholder termasuk perusahaan untuk segera memberikan bantuan.

Bantuan yang dimaksud adalah pembangunan tenda darurat di lokasi bekas kebakaran di Pasar Citra Mas Lok Tuan.  Kini, bangunan darurat hasil inisiatif para pedagang pun membuat tata tempat berjualan tidak beraturan.

Untuk itu, Ketua DPRD Bontang Andi Faisal Sofyan Hasdam mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera membangun koordinasi kembali kepada pihak perusahaan yang sudah berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada pedagang pasar Citra Mas Lok Tuan.

Baca Juga :  Abdul Malik Meminta Pemkot Bontang Manfaatkan Air Bekas Tambang Untuk Mengatasi Krisis Air

“Makanya itu, harusnya OPD terkait¬† segera membangun koordinasi kembali kepada perusahaan,” kata Andi Faiz sapaannya, saat dihubungi media ini. Kamis (4/03/2021) siang.

OPD yang dimaksud ialah pihak Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP). Faizal mendorong, agar dinas ini segera memberikan perhatian penuh dalam mengkoordinir para pedagang. Agar proses penataan lapak pedagang dapat teratur, dan tidak memunculkan masalah baru.

“Kalau mandiri, bisa saja jadi bangunan permanen lagi disitu. Serta bantuan dari pemerintah dan perusahaan dapat juga diseragamkan, jangan ada yang beda-beda,” ungkapnya.

Baca Juga :  DPRD Bontang Minta PT CSI Mempekerjakan Kembali Karyawan yang di PHK

Pihaknya mengklaim sudah memanggil kembali OPD terkait bersama dengan perusahaan, untuk kembali membahas pembangunan pasar sementara di Pasar Citra Mas Lok Tuan. Sejauh ini, dari koordinasi yang dibangun, dinas terkait sedang dalam proses verifikasi para pedagang yang akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang.

“Dana bantuan lima juta itu, agar segera di salurkan,” tegas Andi Faiz.

Kemudian, perihal pasar Citra Mas Lok Tuan yang baru, pihaknya memperkirakan  baru akan dapat diselesaikan dalam tiga bulan kedepan. Meskipun begitu, ia meminta OPD agar segera melakukan pengundian untuk pedagang yang akan menempati pasar yang baru.

Baca Juga :  Hindari Lonjakan Harga Pangan Jelang Ramadhan, Agus Haris Minta Pemkot Pastikan Ketersediaan Pangan di Pasar

“Targetnya tiga bulan sudah bisa selesai, saat ini tinggal menunggu lelang. Biar efesien undi saja dulu, pasar rampung langsung diisi,” ungkapnya.

Terkait anggaran penyelesaian proyek Pasar Citra Mas Lok Tuan, DPRD Bontang sudah menyiapkan anggaran sebesar 3 Milyar. Akan tetapi anggaran itu juga dipergunakan untuk beberapa pasar yang ada di Bontang, salah satunya Pasar Tamrin Rawa Indah. (008/redaksi)

  • Bagikan