Deskranasda Kota Bontang Dukung UMKM Untuk Terus Berinovasi

  • Bagikan
Ketua Deskranasda Bontang, Hapidah Basri

BONTANG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bontang, Hapidah Basri menghadiri Diskusi UMKM dan Launching Lumbung Bontang dengan tema meningkatkan pertumbuhan UMKM di masa pandemi Covid 19 pada Selasa (15/06/2021).

Dekranasda Bontang merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta, peminat dan pengrajin yang berdomisili di Kota Bontang untuk memayungi dan mengembangkan program kerajinan dan mengembangkan usaha dalam upaya meningkatkan kehidupan para pelaku bisnis ekonomi kreatif bagi kelompok pengrajin usaha kecil dan menengah.

“Pengembangan produk seni budaya kerajinan unggulan yang berkualitas dapat menjadi ikon Kota Bontang seperti kain batik kuntul perak yang saya pakai pada siang ini,” ujarnya.

Ada juga batik beras basah yang mempunyai ciri khas menjadi ikon Kota Bontang dan beberapa pembatik-pembatik atau kerajinan yang lain-lainnya.

Diketahui dari jumlah seluruh UMKM yang terdaftar di kota Bontang, ada 1.462, sekitar 15% atau 219 industri kecil menengah (IKM) yang merupakan pecinta atau peminat seni budaya atau pengrajin produksi kain batik aksesoris manik-manik ada juga batu akik, ukiran kayu bermotif khas Kalimantan meja kursi rotan dan lain-lain.

“Semua itu merupakan binaan Dekranasda bekerjasama dengan Pemerintah tentunya kemudian dengan CSR Pupuk Kaltim dan juga PT Badak NGL,” ujar Istri Wali Kota Bontang tersebut.

Selaku Ketua Dekranasda Bontang, dirinya beserta seluruh pengurus saat ini dalam upaya pemulihan perekonomian para pengrajin seni budaya di tengah pandemi Covid 19 agar pengrajin di kota Bontang ini tidak mati suri apa gulung tikar.

“Mulai dari pendampingan, agar pengrajin yang putus asa dan kehilangan semangat dalam pembinaan hingga dapat menciptakan inovasi baru selalu kami dukung,” ujarnya.

Hapidah menyampaikan pada Dekranasda Kaltim Award 2020 di tingkat provinsi Kalimantan Timur, di antara pengrajin Bontang ini ada yang menyabet juara 3 se-Kalimantan Timur.

“Saya berharap kepada UMKM yang datang sore hari ini betul-betul memanfaatkan waktunya, memanfaatkan momen yang ada pada saat ini untuk bagaimana caranya mengembangkan UMKM  yang ada di kota Bontang,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan